Wakapolri Segera Pensiun, Gerbong Mutasi di Polri Akan Bergerak Bulan Ini

Wakapolri Segera Pensiun, Gerbong Mutasi di Polri Akan Bergerak Bulan Ini
Wakapolri Komjen Pol Ari Dono didampingi Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono mencoba peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat, Jumat (13/9/2019)  ( Foto: Beritasatu Photo / Sahat Oloan Saragih )
Farouk Arnaz / AMA Senin, 2 Desember 2019 | 13:05 WIB

Jakarta, Beritastu.com - Desember iini menjadi bulan yang sibuk di internal Polri. Sebab mutasi sejumlah jabatan strategis di tubuh Polri dipastikan akan terjadi seiring masih kosongnya jabatan Kabareskrim dan Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto yang pensiun.

Asisten SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri memastikan, Ari Dono Sukmanto akan pensiun bulan ini. Jenderal bintang tiga itu akan genap berusia 58 tahun—atau usia pensiun— pada 23 Desember nanti.

“Benar. (Ari pensiun) bulan Desember ini. Apakah (surat telegramnya bersamaan dengan Kabareskrim) saya belum tahu,” kata Eko saat dihubungi Beritasatu.com Senin (2/12/2019).

Pakemnya jabatan Wakapolri diisi oleh jenderal bintang tiga senior. Artinya bukan seorang Irjen yang lalu naik menjadi Komjen. Ini berbeda dengan jabatan Kabareskrim, yang biasanya, diisi oleh seorang Irjen yang naik menjadi Komjen.

Jabatan Kabareskrim kosong sejak ditinggal Idham Azis yang kini telah diangkat jadi kapolri pengganti Jenderal (pur) Tito Karnavian sejak sebulan lalu.

Dalam catatan Beritasatu.com pascareformasi, baru kali ini jabatan Kabareskrim dibiarkan lowong sampai selama ini.

Sejumlah sumber di Mabes Polri mengatakan, itu karena Idham memang berencana mengganti Kabareskrim berbarengan dengan mutasi Wakapolri dan sejumlah jabatan strategis lain. Idham merupakan lulusan Akpol angkatan 88A yang akan pensiun pada Januari 2021.



Sumber: BeritaSatu.com