Mahfud: Kerja Sama Bangun Pesawat Tempur dengan Korea Jalan Terus

Mahfud: Kerja Sama Bangun Pesawat Tempur dengan Korea Jalan Terus
Mahfud MD. (Foto: Antara / Hafidz Mubarak A)
Robertus Wardi / YUD Kamis, 12 Desember 2019 | 18:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud Md mengemukakan kerja sama pembangunan jet tempur KFX/IFX dengan Korea Selatan (Korsel) tetap dilanjutkan. Saat ini masih dilakukan negosiasi untuk penyempurnaan kerja sama.

"Jadi Korea (Menhan Korea) ini ya kunjungan biasa, kunjungan antar pemerintah. Salah satunya menjadi perhatian dalam kunjungannya ke sini adalah melanjutkan pembicaraan tentang kerja sama alutsista alat utama sistem pertahanan persenjataan yang disebut KFX dan IFX, join pembuatan pesawat bersama," kata Mahfud usai menerima Menteri Pertahanan (Menhan) Korea Selatan Jeong Kyeong-doo di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

Ia menjelaskan negosiasi atau pembahasan lanjutan antara Menhan Prabowo Subianto dengan Menhan Jeong Kyeong-doo. Selaku Menko Polhukam, dia hanya memberikan arahan garis besar atas apa yang dibahas.

"Saya tidak masuk ke substansi, substansinya nanti biar Pak Prabowo yang membicarakan," ujar Mahfud.

Di tempat terpisah, Staf Khusus Menteri Pertahanan bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Kemhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengemukakan negosiasi kelanjutan proyek pesawat tempur itu masih dibicarakan. Negosiasi dengan melihat berbagai kemungkinan keputusan yang bisa diambil termasuk terkait ketersediaan anggaran.

"Tentu negosiasi tentu dalam posisi tidak merugikan Indonesia," ungkap Dahnil.



Sumber: Suara Pembaruan