TNI Siapkan 17.190 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru

TNI Siapkan 17.190 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis saat menghadiri acara bakti sosial dan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dalam rangka menjelang Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di halaman kantor Bupati Wamena, Papua, Sabtu, 30 November 2019. ( Foto: Istimewa / Puspen TNI )
Robertus Wardi / FER Jumat, 13 Desember 2019 | 16:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menyatakan, TNI akan menerjunkan sebanyak 17.190 personel untuk mendukung pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Pasukan itu disebar di seluruh wilayah Indonesia.

Libur Akhir Tahun, Jangan Ada Macet 'Brexit'

"Dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2010, kami dapat merujuk pada pengamanan tahun 2018," kata Hadi di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Hadi menjelaskan, dari pengalaman pengamanan tahun lalu, masing-masing instansi telah mengetahui titik-titik kritis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

"Saya harap setiap pihak dapat berbagi informasi agar dapat mengantisipasi dan saling mendukung agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik," imbuhnya.

Mahfud: Antisipasi Teror dan Sweeping

Hadi mengatakan, dua momentum penting tersebut, yakni Natal dan Tahun Baru, tentunya akan melibatkan pergerakan masyarakat dan kendaraan dalam jumlah cukup besar. "Dibutuhkan pelayanan publik di setiap tempat dan tentunya jaminan keamanan yang prima," tegasnya.

Hadi menuturkan, dengan demikian, seharusnya semua pihak mewaspadai dan mempersiapkan segala sesuatu sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

"Selanjutnya, tiap bidang perlu untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya agar dapat saling mendukung, melengkapi, dan bertukar informasi," sambung Hadi Tjahjanto.

Selain itu, lanjut Hadi, harus dipedomani bersama bahwa langkah pengamanan tidak hanya mengamankan masyarakat, tetapi juga mengamankan petugas-petugas yang ditempatkan di lapangan. "Apabila ada yang melihat sesuatu yang mencurigakan segera memberitahukannya kepada orang lain, khususnya aparat terkait," kata Hadi.

Hadi menegaskan, TNI siap memberikan bantuan dan dukungan kepada Polri terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"TNI siap memberikan bantuan dan dukungan, baik personel maupun alutsista, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki satuan-satuan di tiap-tiap wilayah untuk suksesnya perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," pungkas Hadi Tjahjanto.

 



Sumber: Suara Pembaruan