Panglima TNI Soroti Masalah Keberagaman

Panglima TNI Soroti Masalah Keberagaman
Marsekal Hadi Tjahjanto. ( Foto: Antara )
Yeremia Sukoyo / WBP Kamis, 9 Januari 2020 | 15:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan yang dipupuk di tengah keberagaman di Indonesia. Terlebih saat ini, Indonesia terus menghadapi berbagai tantangan yang kompleks, imbas kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal tersebut disampaikan Panglima saat menghadiri perayaan Natal prajurit TNI di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/1/2020). Perayaan Natal tersebut dihadiri ribuan prajurit TNI dan diisi khotbah Pendeta Gilbert Lumoindong dan doa syafaat yang disampaikan oleh Romo Letkol Sus Yoseph M.M Bintoro.

Sementara pada acara perayaan Natal bersama TNI, pesan Natal disampaikan Ketua KWI Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta, dan doa syafaat/doa kebangsaan disampaikan Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom.

"Semangat keberagaman itu sejatinya juga menjadi pemupuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang berbhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu tepatlah kiranya “Dengan Sukacita Natal Kita Perkokoh Semangat Prajurit Sapta Marga dan PNS TNI Untuk Tetap Tegaknya Kesatuan dan Persatuan Bangsa” menjadi tema perayaan Natal," kata Panglima TNI.

Dikatakan Panglima, Natal adalah perayaan suka cita dan senantiasa membawa pesan damai. Selain dimensi ibadah, Natal juga memiliki dimensi sosial berupa solidaritas kesetiakawanan, yang bukan sekedar slogan kosong, tetapi harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. "Hal ini tentunya erat dengan nilai-nilai keprajuritan serta tugas pokok yang diemban oleh TNI," ucap Panglima TNI.

Menurut Panglima, dalam suasana perayaan Natal, ternyata terjadi musibah bencana alam di beberapa daerah. TNI pun bisa segera bergerak bahu-membahu dengan kementerian, lembaga, serta komponen bangsa lainnya. "Bantuan tersebut diberikan kepada semua warga, tidak memandang perbedaan apapun serta diberikan oleh satuan, badan, lembaga, dan organisasi yang penuh dengan keanekaragaman pula," ucap Hadi Tjahjanto.

Pelaksanaan Natal bersama TNI Tahun 2019 diawali dengan kegiatan Ibadah yang diikuti oleh prajurit dan PNS TNI bersama keluarga yang beragama Kristen Protestan dan Kristen Khatolik wilayah Jakarta. Natal dimeriahkan dengan puji-pujian Natal, doa serta persembahan lagu paduan suara prajurit dan PNS TNI dari Mabes TNI, Mabes TNI AD, Mabes TNI AL dan Mabes TNI AU.

Rangkaian perayaan Natal Bersama TNI Tahun 2019 didahului dengan kegiatan Bakti Sosial TNI berbagi kasih mengunjungi dan memberikan santunan ke Panti Asuhan Fajar Baru, Cimanggis, Depok dan Panti Asuhan Anak Cacat Ganda Wisma Tuna Ganda Pasir Gunung Cimanggis, Jakarta Timur pada tanggal 20 Desember 2019.

Perayaan Natal Bersama TNI Tahun 2019, diprakarsai oleh Marsekal Pertama TNI Jorry Koloay, Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI selaku ketua panitia.



Sumber: Suara Pembaruan