Prabowo Ingin Buat Patung Soekarno Naik Kuda

Prabowo Ingin Buat Patung Soekarno Naik Kuda
Mantan Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator sekaligus Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno, yang terletak di hall utama Kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020). ( Foto: Beritasatu.com / Markus Junianto Sihaloho )
Markus Junianto Sihaloho / WBP Jumat, 7 Februari 2020 | 23:37 WIB

Magelang, Beritasatu.com  - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memuji langkah TNI AD membuat patung Presiden pertama RI Soekarno berdiri di Akademi Militer (Akmil) Magelang, yang baru diresmikan Megawati Soekarnoputri. Prabowo mengaku tertarik dan ingin membuat patung Bung Karno dengan posisinya sedang menunggang kuda.

"Saya juga sampaikan, Kemhan juga punya rencana membuat patung Bung Karno, tapi di atas kuda," ungkap Prabowo di Akmil Magelang, Jumat (7/2/2020).

Hal itu mengundang senyum Megawati yang ada di sebelahnya. Mungkin mengingat salah satu kesenangan Prabowo adalah berkuda.

Menurut Prabowo, pernyataannya itu bersifat serius serta punya alasan kenapa di atas kuda. "Ini penting. Karena ulang tahun angkatan perang pertama, berarti ulang tahun TNI yang pertama. Itu Presiden Soekarno Panglima Tertinggi, inspeksi pasukan. Menjadi Irup di atas kuda. Jadi ini fakta sejarah yang ingin kita abadikan untuk generasi penerus," ungkap Prabowo.

Dia lantas meminta izin kepada Megawati yang duduk di sampingnya. "Ya nanti Kemhan akan punya patung Bung Karno di atas kuda. Izin Bu. Ada sejarah bu," pinta Prabowo.

Megawati pun tersenyum dan membenarkan ucapan Prabowo terkait itu memang sesuai sejarah. "Iya betul," balas Presiden kelima RI itu.

Saat ditanya media kapan akan melaksanakannya? Prabowo mengatakan akan secepatnya. "Secepatnya," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com