Presiden PKS Apresiasi Sikap Pemerintah Tolak Pulangkan Eks WNI Anggota ISIS

Presiden PKS Apresiasi Sikap Pemerintah Tolak Pulangkan Eks WNI Anggota ISIS
Presiden PKS Shohibul Iman ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao. )
Markus Junianto Sihaloho / DAS Kamis, 13 Februari 2020 | 15:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Shohibul Iman menyatakan, pihaknya sangat menghormati keputusan pemerintah menolak mengembalikan eks WNI anggota ISIS (Islamic State in Iraq and Syria).

Shohibul menyatakan, PKS menyadari permasalahan eks WNI ini cukup pelik dan harus melihatnya dari berbagai sisi, terutama dari sisi status kewarganegaraan mereka.

"Karena mereka pergi ke sana atas inisiatif sendiri. Bahkan di antaranya ada yang membakar paspor, saya kira itu tidak mudah untuk kemudian kita memperlakukannya sama dengan warga negara yang normal," kata Shohibul Iman, Kamis (13/2/2020).

Selain itu  PKS melihat ada persoalan bila para eks WNI itu dipulangkan begitu saja. "Karena itu kami, PKS, menghormati apa yang menjadi sikap pemerintah saat ini," kata Shohibul.

Walau demikian, PKS juga ingin agar pemerintah memberi kebijakan khusus untuk anak-anak eks WNI itu yang bisa saja berangkat karena ikut-ikutan dengan orang tuanya. Masih ada kemungkinan bila anak-anak itu dibawa ke Indonesia untuk dibina kembali.

"Jadi harus ada tim pemerintah ke sana. Dia harus memetakan. Bikin peta yang sebaiknya," ujar Shohibul.



Sumber: BeritaSatu.com