Kepala Bakamla Komitmen Perkuat Koordinasi Lintas Sektor

Kepala Bakamla Komitmen Perkuat Koordinasi Lintas Sektor
Laksamana Madya Aan Kurnia (kiri), dilantik sebagai kepala Bakamla oleh presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu 12 Februari 2020. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Robertus Wardi / FER Jumat, 14 Februari 2020 | 22:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Laksama Madya TNI, Aan Kurnia, resmi menjabat sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia, usai serah terima jabatan dengan Laksamana Madya TNI (Pur), Achmad Taufiqoerrochman, di kantor Bakamla, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020).

Jokowi Lantik Aan Kurnia Sebagai Kepala Bakamla

Aan mengatakan, pekerjaan besar Bakamla adalah memperkuat koordinasi dengan para stakeholder yang bertugas menjaga laut.

"Masalah sinergi, sekarang ini Bakamla masih kurang. Tadi Pak Taufiq (mantan Kabakamla, Red) sudah bilang mungkin kondisinya tiga puluh persen bahkan kurang. Tapi justru bagaimana saya mengkoordinir dengan stakeholder yang lain," jelasnya.

Aan menegaskan, persoalan keamanan laut akan kokoh dan kuat jika koordinasi antar instansi juga kuat. "Bagaimana saya nanti akan sinergi dengan teman-teman yang lain. Kita punya TNI Angkatan Laut, KKP, imigrasi, dan bea cukai. Ini harusnya sinergi," tegas Aan.

Bakamla Dampingi Nelayan Indonesia di Perairan Natuna

Menurut Aan, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) di Bakamla juga masih kurang, sehingga membuat kinerja Bakamla belum ideal.

Selain itu, kata Aan, ketersediaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) juga dirasa masih kurang. Akibatnya, saat terjadi gangguan keamanan di laut, respon Bakamla tidak dapat dilakukan secara cepat karena Alutsista tidak tersedia di dekat lokasi kejadian.

"Saya tidak langsung ujug-ujug minta besar ke pemerintah, tapi akan saya tunjukan dulu kerja saya," pungkas Aan.



Sumber: BeritaSatu.com