Pencegahan Radikalisme Butuh Anggaran Memadai

Pencegahan Radikalisme Butuh Anggaran Memadai
Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, menjadi pembicara Seminar Nasional dengan tema Bahaya penyebaran paham radikalisme dan upaya pencegahannya, yang digelar di Swiss Belhotel Mangga Besar, Jakarta Pusat. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 14 Maret 2020 | 17:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Sahabat Polisi menggelar Seminar Nasional dengan tema Bahaya penyebaran paham radikalisme dan upaya pencegahannya, di Swiss Belhotel Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Baca: Generasi Muda Rentan Terpapar Radikalisme

Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, menyatakan, untuk mencegah penyebaran radikalisme harus ditopang anggaran yang mencukupi. Pasalnya, anggaran yang mencukupi sangat dibutuhkan untuk menangkal terorisme.

"Dari sisi regulasi, kami selalu melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan instansi BIN, karena regulasi hukum itu berkembang dan bertumbuh, sehingga dilakukan perubahan-perubahan jika dipandang perlu" kata Azis, dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Azis juga mengkaitkan radikalisme dengan virus corona yang kini sedang menjadi perhatian utama di seluruh dunia. "Kalau dahulu berperang menggunakan pistol, dan tank, sekarang berganti menjadi senjata biologis,” jelasnya.

"Kita jangan lengah, orang sekarang berperang menjatuhkan ekonomi satu negara dengan senjata biologis. Dengan senjata biologis itu, tanpa dirasa ekonomi orang bisa drop," kata Azis.

Baca: Pemerintah Komitmen Cegah ASN dari Radikalisme

Azis melanjutkan, DPR telah minta kepada instansi terkait untuk menjaga wilayah perbatasan atau border line. "Sementara, Menkominfo harus segera gencar melakukan sosialisasi pencegahan virus corona kepada masyarakat," ungkap Aziz.

Dalam kegiatan seminar nasional ini, juga tampak hadir juru bicara kepala BIN Wawan Purwanto, perwakilan luhkum divkum Polri AKBP Santo, Ketum DPN Sahabat Polisi Fonda Tangguh, dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Ketua Umum DPN Sahabat Polisi, Fonda Tangguh, mengapresiasi kehadiran tokoh-tokoh hingga pejabat yang menjadi narasumber di acara seminar.

"Semoga di event selanjutnya, narasumber-narasumber lain yang kami undang bisa meluangkan waktunya," pungkas Fonda Tangguh.



Sumber: BeritaSatu.com