Prabowo Minta Pesawat TNI Angkut Peralatan Medis dari Tiongkok

Prabowo Minta Pesawat TNI Angkut Peralatan Medis dari Tiongkok
Prabowo Subianto. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / FER Kamis, 19 Maret 2020 | 19:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto agar menggerahkan pesawat-pesawat TNI untuk mengangkut peralatan medis dari Shanghai, Tiongkok.

Baca: Kepala Gugus Tugas Nilai Tes Massal Corona Sebuah Pilihan

Peralatan medis tersebut, rencananya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan penanganan pasien yang terpapar virus corona.

"Kemarin (18/3/20) Menhan, Prabowo Subianto meminta penggunaan pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai. Itu untuk mempermudah proses birokrasi G to G yang cepat dibandingkan dengan penggunaan fasilitas lainnya," kata juru bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam video yang disebar ke wartawan di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Dahnil menjelaskan, peralatan itu untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 seperti yang diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun peralatan kesehatan yang diambil dari Tiongkok diantaranya, masker N95 dan pakaian pelindung diri.

Baca: Pemerintah Masih Bahas Aturan Saat Puasa dan Lebaran

"Nantinya dipersiapkan bisa digunakan oleh tim medis Kemhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid 19 dan para dokter yang sudah berjuang di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19," jelas Dahnil.

Sementara dalam surat yang ditandatangani Prabowo, disebutkan perintah penggunaan pesawat TNI berdasarkan rapat terbatas bersama Presiden Jokowi tanggal 16 Maret lalu. Perintah itu ditindaklanjuti oleh Kemhan, Kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP) dan Mabes TNI.

Baca: Elektabilitas Prabowo Tertinggi Dinilai Wajar

Informasi yang diperoleh Suara Pembaruan menyebutkan, peralatan-peralatan kesehatan itu akan tiba di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (20/3/2020) besok.



Sumber: BeritaSatu.com