Cegah Penyebaran Corona, Prabowo Minta Masyarakat Tidak Mudik

Cegah Penyebaran Corona, Prabowo Minta Masyarakat Tidak Mudik
Prabowo Subianto. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / FER Jumat, 27 Maret 2020 | 18:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, meminta seluruh masyarakat Indonesia agar tidak melakukan mudik Lebaran tahun 2020. Hal ini, agar tidak melahirkan penyebaran virus corona atau Covid-19 merebak secara masif di daerah.

Baca Juga: Prabowo Sebut Dokter dan Pekerja RS Pahlawan

"Pilihan tidak mudik adalah salah satu langkah kemanusiaan dan menjaga sesama yang baik dalam menghindari penyebaran virus covid-19," kata Prabowo di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Prabowo mengemukakan cara membela negara saat ini, salah satunya adalah dengan tidak mudik. Setiap warga negara harus tetap menjaga kesehatan agar terbebas dari wabah virus corona. "Mari terus bergotong royong agar wabah Covid-19 ini bisa segera bisa kita tanggulangi segera," tegasnya.

Prabowo menyatakan, dirinya telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) agar tidak melakukan mudik Lebaran pada tahun 2020 ini. Instruksi itu telah dikeluarkan melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, Laksamana Madya TNI Agus Setiadi.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Aturan Larang Mudik

"Seluruh jajaran di Kemhan, mulai dari Pejabat Eselon 1 sampai dengan pegawai-pegawai di Kemhan untuk tidak melakukan aktivitas mudik pada tahun ini," tutur Prabowo.

Dia mengaku instruksi itu untuk memastikan seluruh pegawai Kemhan aktif melakukan pencegahan dan penanggulangan dini penyebaran virus corona yang semakin masif saat ini. Instruksi bersifat mengikat untuk semua jajaran di Kementerian Pertahanan.

Seluruh jajaran Kemhan juga diminta aktif untuk menyampaikan hal serupa kepada sanak saudara dan tetangga serta orang-orang terdekat. Hal ini penting untuk memastikan penyebaran virus corona tidak semakin masif.

Baca Juga: Masyarakat Perantau Diimbau Tak Mudik

"Kepada seluruh elemen bangsa dimana pun berada untuk melakukan hal yang serupa seperti yang diinstruksikannya kepada seluruh jajaran Kemhan," tutup Prabowo.



Sumber: BeritaSatu.com