Leonhard Suharjo Pemenang "Penjaga Langit" Kohanudnas

Leonhard Suharjo Pemenang
Panglima Kohanudnas (Pangkohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus (duduk) saat peluncuran permainan interaktif berhadiah untuk siswa SMP bernama Penjaga Langit. (Foto: Istimewa)
Asni Ovier / AO Jumat, 15 Mei 2020 | 08:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penjaga Langit, permainan interaktif berhadiah untuk siswa SMP, diluncurkan Panglima Komando Angkatan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda Imran Baidirus dari Gedung Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), Jakarta, Kamis (14/5/2020). Peluncuran secara resmi ini juga menandai sesi pertama permainan tersebut pada pukul 13.00 WIB atau 14.00 Wita atau 15.00 WIT. Ketiga waktu ini untuk menunjukkan Penjaga Langit hanya bisa diakses pada jam yang sama, dalam durasi yang sama dan dalam hari yang sama, yaitu setiap Kamis.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (15/5/2020) disebutkan, permainan berbentuk kuis ini memang bertujuan untuk membantu mengatasi rasa jenuh akibat libur panjang terkait merebaknya wabah Covid-19 khususnya untuk siswa SMP. Sebanyak 80 siswa SMP dari berbagai kota di Indonesia mendapat hadiah kuota dengan masing-masing nilai Rp 100.000, Rp 150.000, dan Rp 200.000.

Penjaga Langit dianggap sebagai terobosan permainan yang mendidik, karena bermuatan soal-soal yang diyakini dapat membuka dan sekaligus membangkitkan rasa cinta terhadap tanah, air, udara, bangsa, dan negara Indonesia.

Pemenang kuis ini ditentukan berdasarkan beberapa variabel yakni, ketepatan jawaban dan kecepatan waktu yang harus diselesaikan dalam waktu 60 menit. Leonhard Suharjo dari Brighton Junior High School, Cibubur, Jakarta, menduduki posisi pertama dengan waktu tercepat 13:41:16.

“Sesi pertama diikuti oleh 560 siswa yang berasal dari seluruh Indonesia. Peserta kuis ini paling banyak berasal dari Jawa Barat dan Jakarta. Ini adalah sesi pertama dan ke depannya, jika dibutuhkan, kami akan mengadakan hal yang mirip untuk siswa SMA dan bahkan untuk mahasiswa,” ujar Pangkohanudnas Marsda Imran Baidirus setelah meresmikan kuis "Penjaga Langit", kemarin.

Setidaknya tercatat siswa SMP yang menjadi peserta berasal dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Bondowoso, Pontianak, Semarang, Yogyakarta, Sleman, Banjarmasin, Bogor, Bandar Lampung, Cimahi, Soppeng, Maros, Rancabungur, Bangil, Surakarta, Kupang, Magelang, Wonogiri, Purworejo, Tasikmalaya, dan Tuban. Total peserta yang sudah ikut hingga kini sebanyak 692 siswa SMP.

Marsda Imran menegaskan, dalam kondisi seperti ini ketika semua elemen masyarakat bekerja dan belajar dari rumah serta melakukan pembatasan sosial dan jarak, maka harus ada cara untuk mengatasi rasa bosan tetapi sekaligus tidak menyia-nyiakan waktu yang ada.

Penjaga Langit, kata Imran, tidak akan memberikan kecanduan tetapi di sisi lain justru akan mencerahkan. Ke depan, pihaknya akan melihat sejauh tanggapan siswa SMP terhadap permainan ini.

"Kami dari Kohanudnas beserta staf mencoba menggodok apa yang bisa kami lakukan dan muncullah ide untuk membuat kuis ini. Kami ingin anak-anak juga memiliki pengetahuan tentang wawasan Nusantara, pertahanan negara, dan juga kebangsaan. Masa depan Indonesia terletak pada keberhasilan kita mendidik dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi-generasi baru dengan menggunakan bahasa mereka,” ujar Imran Baidirus.

Sementara, Mikael Erminus dari SMP Tarakanita Gading Serpong, Tangerang, menyatakan kaget karena bisa menjadi salah satu pemenang hadiah kuaota Rp 100.000. Meskipun soalnya lebih sulit dari pengetahuan umum, Penjaga Langit dinilai menyenangkan, menantang, dan tidak membosankan.

Sementara itu pemilik akun @inu2411_ menulis kesan, “Guys daripada otaknya tidak dipake selama liburan, mendingan ikut kuis ini saja. Ada hadiahnya juga”.

Lalu, Pemilik akun @jk_samwaducat menulis kesannya, “daripada gabut mending ikut kuis Penjaga Langit 1962”. Sedangkan, pemilik akun @fadhill_1712 mengatakan, “Lumayan bisa untuk mengganti uang jajan yang kena lock-down”.

Untuk mengikuti permainan ini, para calon peserta harus melakukan registrasi dengan cara follow Twitter di alamat https://twitter.com/penjagalangit62?s=08 atau @penjagalangit62. Selain itu, juga melalui Instagram https://www.instagram.com/p/CAAGoirJNe8/?igshid=150kef3i6e5nm atau penjagalangit1962



Sumber: BeritaSatu.com