Bukaka Ekspor 33 Garbarata ke Thailand

Bukaka Ekspor 33 Garbarata ke Thailand

Senin, 3 Agustus 2020 | 18:13 WIB
Oleh : Leonard AL Cahyoputra / HK

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bukaka Teknik Utama Tbk melakukan pelepasan ekspor 33 garbarata ke Thailand. Bukaka menjadi satu-satunya produsen garbarata yang ada di Indonesia dan termasuk dalam lima produsen terbesar garbarata di dunia.

“Bukaka telah memproduksi 904 unit garbarata, dan pelepasan ekspor kali ini merupakan bagian dari kontrak 33 unit garbarata dengan M-Solutions Co., Ltd. - Airport of Thailand yang telah dilakukan pada tahun 2019,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada seremoni Pelepasan Ekspor Garbarata PT Bukaka Teknik Utama Tbk Ke Bandara Don Mueang, Thailand yang dilaksanakan di Kawasan Industri Bukaka, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8).

Menperin mengungkapkan, garbarata merupakan salah satu produk unggulan ekspor Bukaka dengan tujuan utama antara lain Jepang, India dan Thailand. Saat ini, seluruh boarding bridge bandara yang berada di bawah supervisi PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II merupakan hasil produksi Bukaka.

Agus mengungkapkan, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesai (LPEI) atau Indonesia Eximbank telah memfasilitasi pembiayaan ekspor 33 unit garbarata yang dilakukan oleh Bukaka ke Thailand tersebut senilai US$ 7,5 juta atau sekitar Rp 105 miliar. LPEI telah mendukung Bukaka sejak tahun 2014, baik dari sisi pembiayaan maupun penjaminan. Fasilitas yang telah diberikan LPEI mencapai sebesar Rp 2,26 triliun.

Menperin menyampaikan, mewakili pemerintah, pihaknya memberikan apresiasi kepada Bukaka atas capaian positif kinerjanya dalam menghasilkan produk yang dapat dimininati oleh pasar global. “Pada kondisi sulit saat ini, pelepasan ekspor garbarata PT Bukaka merupakan berita yang sangat menggembirakan sekaligus mendorong semangat kita untuk terus berkreasi, tetap berpoduksi, dan maju melangkah menghadapi segala bentuk tantangan yang ada,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Menteri AGK juga menegaskan, pemerintah telah menggulirkan upaya-upaya perlindungan sektor industri dalam negeri untuk menghadapi situasi saat ini. Insentif baru yang diusulkan oleh Kemenperin seperti fasilitas keringanan biaya listrik, telah mendapat persetujuan.

“Usulan ini dilakukan sebagai upaya membantu sektor industri tetap survive atau dapat beroperasional secara efisien. Sebelumnya, sudah ada kebijakan penurunan harga gas. Kami pun telah mengusulkan fasilitas kepabeanan dan/atau cukai serta perpajakan atas impor barang untuk keperluan penanganan pandemi Covid-19,” sebut dia.

Bahkan, kata Menperin, pemerintah bertekad mengoptimalkan implementasi program Peningkatan Pengunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). “Semua proyek nasional harus menyerap produk yang sudah bisa diproduksi oleh industri dalam negeri. Pemerintah telah menegaskan, bagi direksi BUMN yang tidak memiliki komitmen tinggi terhadap penyerapan produk lokal, sanksinya adalah diganti,” ujar dia.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


BERITA LAINNYA

PT KAI Kembali Tambah Perjalanan Kereta Api

KAI kembali menambah perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dan lokal secara bertahap.

EKONOMI | 3 Agustus 2020

Cluster Sutera Winona Alam Sutera Hadirkan Hunian Nyaman dan Sehat

Pengembang properti Alam Sutera menghadirkan hunian baru Cluster Sutera Winona yang mengusung konsep hunian nyaman dan sehat.

EKONOMI | 3 Agustus 2020

Gandeng GrabMart, MPPA Beri Pengalaman Belanja Baru di Platform Omni Channel

PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) memperkuat kemitraannya dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan aneka ragam produk makanan dan rumah tangga ke GrabMart.

EKONOMI | 3 Agustus 2020

Beko Catat Pertumbuhan Penjualan di Tengah Pandemi

Beko mencatatkan pertumbuhan penjualan tiga kali lipat pada semester I 2020,

EKONOMI | 3 Agustus 2020

PPRO Genjot Pemasaran Tiga Apartemen Premium di Jatim

PP Properti Tbk (PPRO) menggenjot pemasaran apartemen premium di tiga proyek.

EKONOMI | 3 Agustus 2020

Wisesa Pratama Garap Apartemen Tertinggi di Manado

Pengembang Wisesa Pratama optimistis apartemen Fine Living Mansion diserap konsumen Manado.

EKONOMI | 3 Agustus 2020

RUU Cipta Kerja Akan Dongkrak Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

RUU Cipta Kerja akan merubah budaya kerja tenaga kerja Indonesia menjadi lebih produktif.

EKONOMI | 3 Agustus 2020

Daya Beli Lemah, Juli 2020 Terjadi Deflasi 0,10%

Kelompok pengeluaran yang memberikan andil atau sumbangan deflasi, yaitu kelompok makanan, minuman, tembakau dan transportasi.

EKONOMI | 3 Agustus 2020

Bursa Asia Berbalik Menguat Ditopang Data Tiongkok

Bursa Asia cenderung menguat menjelang akhir perdagangan Senin (3/8/2020) ditopang pemulihan sektor manufaktur Tiongkok.

EKONOMI | 3 Agustus 2020

Semester I-2020, BTN Kantongi Laba Bersih Rp 768 Miliar

Laba bersih BTN ditopang oleh perolehan pendapatan bunga bersih semester 1-2020 sebesar Rp 4,43 triliun.

EKONOMI | 3 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS