Logo BeritaSatu

Soleh Solihun, Dari Wartawan Jadi Artis

Selasa, 7 Mei 2013 | 09:07 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / B1

Jakarta - Memulai karier sebagai orang yang kerap mewawancarai para penampil, kini Soleh Solihun menjajal peruntungan di dunia hiburan, sebagai penampil. Semenjak menjajal dunia komedi, nama Soleh terus berkibar, bahkan kini ia menjadi penyiar radio dan presenter acara di dua stasiun televisi. Terkini, ia masuk ke dunia layar lebar, sebagai aktor.

Dunia tulis-menulis adalah hal yang mengawali karier Soleh. Awalnya ia menjadi wartawan khusus bidang musik di tahun 2004. Tak mau menyia-nyiakan kemampuannya, Soleh memutuskan untuk mengabadikan celotehannya dalam buku yang ia terbitkan dengan judul "Celoteh Solihun". Isi buku itu merupakan refleksi kepribadian diri ayah seorang anak ini, pemikiran spontan dan kocak.

Advertisement

Belum berhenti di sana, pengalamannya sebagai wartawan musik selama 7 tahun dituangkannya ke dalam sebuah buku yang diberi judul ”Kastana Taklukan Jakarta”. Lewat buku tersebut, Soleh berbagi informasi kepada para pembaca mengenai suka-dukanya menjadi wartawan musik.

Keberuntungannya terus mengalir. Beberapa waktu lalu ia sempat merambah ke dunia seni peran lewat film "Cinta Brontosaurus". Ia termasuk beruntung, karena berakting untuk pertama kalinya di film tanpa melalui proses casting. Sang sutradara film itu, Fajar Nugros, memang membayangkan sosok Soleh untuk berperan sebagai agen penerbit naskah di film tersebut. Film itu sendiri merupakan film perdananya, bahkan ia dibebaskan membentuk karakter hingga nama perannya.

Mantan wartawan musik selama 7 tahun itu berperan sebagai Kosasih, teman Dika yang menjadi pemeran utama film ”Cinta Brontosaurus”. Jebolan Universitas Padjadjaran itu pun akhirnya menjadi artis dan berimprovisasi sendiri serta diterima sutradara sehingga karakter yang dimainkan dalam film itu berbeda dari skenario awal. Namanya Agung, bukan Kosasih, dan bukanlah pria berdarah Sunda dengan logatnya yang khas.

"Karakternya dari Raditya waktu di skenario enggak seperti itu, bukan orang Sunda. Waktu sutradara ajak saya, saya enggak lewat proses casting. Dia minta saya pikirkan nama ala orang asal Sunda yang catchy dan agak jijik, saya pakai nama Kosasih, itu nama bapak saya. Fajar kasih kebebasan untuk eksplorasi karakter," ucapnya tertawa saat ditemui dalam jumpa pers "Cinta Brontosaurus" di kawasan Planet Hollywood, Jakarta, Senin (6/5).

Soleh mengaku mau menerima tawaran itu karena ada sosok Raditya Dika sebagai penulis skenarionya. Baginya, hal ini adalah kesempatan yang ada di depan mata dengan mencoba dunia akting dan menjalani segala yang ada di hadapannya saat itu.

"Ini kesempatan, saya enggak pernah berpikir terlalu jauh. Ikut ajang stand up comedy juga karena tawaran. Semua yang saya jalanin mulai dari kerja wartawan, sampai main film karena kesempatan yang datang saja, bukan fokus di satu hal. Saya sejak dulu penginnya di dunia hiburan, saya tidak mau di dunia politik," ungkap dia.

Namun, diakui Soleh bahwa pekerjaan sebagai wartawan merupakan hal yang disukainya setelah mencoba profesi di berbagai bidang. Kecintaannya terhadap musik membuat dirinya merasa luar biasa ketika ia bisa menjadi pemburu berita musik.

Guna melengkapinya ia pun menjadi menjadi stand up comedian dan akhirnya sering muncul di televisi, sekaligus pembawa acara musik khususnya musik indie.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023

Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Istri Maju Pilwalkot Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberi lampu hijau kepada istrinya, Atalia Praratya, maju dalam Pilwalkot Bandung.

NEWS | 1 Februari 2023

Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

Polda Metro menyelidiki tewasnya anggota polisi didug berinisial Aipda I di Kantor Perwakilan Polres Metro Kepulauan Seribu, Selasa (31/1/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Disembunyikan di Kotak Buah, Polda Metro Jaya Sita Sabu 40 Kg

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis sabu seberat 40 kilogram.

NEWS | 31 Januari 2023

Dua Menteri Partai Nasdem Tidak Hadiri Ratas di Istana, Ini kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi dua menteri dari Partai NasDem yang tidak hadir dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Negara hari ini.

NEWS | 31 Januari 2023

Lagi, Kecelakaan Sungai Rengut Nyawa Anggota TNI di Papua

Letda Inf Rian Alfeiro Putra Perdana dilaporkan tewas setelah terpeleset dan hanyut di Kali Yambi, Papua.

NEWS | 1 Februari 2023

Tertangkap Basah, Jambret HP Dihakimi Massa di Karawang

Seorang pemuda dihakimi warga setelah tertangkap basah menjambret HP atau ponsel di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang.

NEWS | 1 Februari 2023

Menparekraf Ubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno berkolaborasi dengan Laskar Krukut Luhur (Laskaru) menggelar program menciptakan kampung kreatif.

NEWS | 1 Februari 2023

Menteri Muhadjir Dorong Kenaikan Biaya Haji Dilakukan Bertahap

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku telah mengusulkan kepada Menteri Agama (Menag) agar menaikkan biaya haji secara bertahap.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

NEWS | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE