Reza Rahardian dan Adinia Wirasti Berjaya di Piala Citra FFI 2013

Reza Rahardian dan Adinia Wirasti Berjaya di Piala Citra FFI 2013
Reza Rahardian dan Adinia Wirasti. ( Foto: Antara )
Hendro D Situmorang Minggu, 8 Desember 2013 | 10:31 WIB

Semarang - Aktor Reza Rahadian dan aktris Adinia Wirasti dinobatkan sebagai peraih Piala Citra kategori Pemeran Pria dan Pemeran Wanita Terbaik di ajang bergengsi Festival Film Indonesia (FFI) 2013 yang digelar di Marina Convention Centre Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/12) malam.

"Alhamdulilah ini merupakan piala citra ketiga yang saya raih dari tahun 2009, 2010 dan 2013. Ini merupakan suatu kebanggaan dan saya enggak nyangka sama sekali," kata Reza usai mendapatkan Piala Citra.

Begitu juga dengan dengan Ardina yang merasakan kebahagiaan. "Deg-degan banget pas pengumuman, padahal finalisnya bagus-bagus ya. Ini merupakan piala citra yang kedua, sebelumnya aku dapat pas 2005 dan sekarang 2013. Semoga aku bisa berkarya dengan baik lagi," kata wanita yang biasa disapa Asti.

Acara dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu didampingi Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sejumlah insan perfilman dan para selebritis juga hadir menyemarakkan perhelatan akbar perfilman Indonesia ini.

Pada penyelenggaraan FFI kali ini penghargaan diberikan untuk 6 jenis kompetisi, yakni Film Cerita Bioskop, Film Televisi, Film Pendek, Film Dokumenter Pendek, Film Dokumenter Panjang dan untuk pertama kalinya Film Animasi Pendek khususnya untuk film bioskop.

"Fokus kami adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas film nasional. FFI 2013 diadakan untuk meningkatkan apresiasi terhadap film Indonesia yang berkualitas sekaligus menjadi sarana dan peluang bagi orang kreatif perfilman di tanah air untuk saling menilai, saling menghargai, saling belajar, dan saling memberi inspirasi untuk memajukan dan mengembangkan perfilman nasional," kata Mari.

Pagelaran FFI yang disiarkan langsung SCTV ini, disambut antusias oleh masyarakat Semarang. Terdapat dua panggung musik di dalam dan di luar gedung yang disemarakkan dengan para penyanyi papan atas.

Berikut ini pemenang Piala Citra FFI 2013: Reza Rahadian (Pemeran Pria Terbaik), Adinia Wirasti (Pemeran Wanita Terbaik), Adipati Dolken (Pemeran Pendukung Pria Terbaik), Jajang C Noor (Pemeran Pendukung Wanita Terbaik), Aksan Sjuman (Penata Musik Terbaik), Iqbal (Penata Artistik Terbaik), Cesa David (Penyunting Gambar Terbaik), Retno Ratih (Penata Busana Terbaik), Eltra Studio (Penata Efek Visual Terbaik), Hikmawan Santosa (Penata Suara Terbaik), Simanggale (Film Pendek Terbaik) Sang Supporter (Animasi Pendek Terbaik), Yudi Datau (Pengarah Sinematografi Terbaik), Ginatri S Noer & Ifan Ardiansyah Ismail (Penulis Skenario Terbaik), Anggoro Taronto (Penulis Cerita Asli Terbaik), Dwi Susanti Nugraheni (Film Dokumenter Panjang Terbaik), Nia Sari (Film Dokumenter Pendek Terbaik), Rako Prijanto, (Sutradara Terbaik) dan Sang Kiai (Film Terbaik).

Sumber: Suara Pembaruan