Apa Beda Miss World dan Miss Universe?
Logo BeritaSatu

Apa Beda Miss World dan Miss Universe?

Selasa, 22 Desember 2015 | 07:10 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Masyarakat awam Indonesia mungkin sedikit bingung dengan kabar soal ratu kecantikan dunia akhir pekan lalu.

Hari sabtu (19/12) di Sanya, Tiongkok, Miss Indonesia Maria Harfanti membuat sejarah dengan menjadi runner up kedua kontes ratu kecantikan dunia, sementara juaranya adalah Miss Spanyol.

Tiba-tiba pada hari Minggu (20/12) di Las Vegas, AS, muncul berita jauh lebih heboh bahwa pemenang ratu kecantikan dunia diumumkan adalah Miss Kolombia, lalu dikoreksi menjadi Miss Filipina, dalam kontes yang kacau dan menjadi trending topic dunia terbesar hari itu.

Ajang yang diikuti Maria bernama Miss World, sedangkan kisruh di Las Vegas adalah ajang Miss Universe. Jangan ditanya mana yang lebih prestisius dari dua ajang tersebut karena masing-masing memiliki sejarah panjang dan menyedot perhatian dunia.

Pertanyaan yang mungkin lebih relevan adalah apa beda dua kontes kaum hawa sejagat itu, meski jawabannya mungkin juga tidak gampang.

Tapi kita bisa mulai dari yang paling mudah diingat. Untuk pertama kalinya dalam 63 tahun, Miss World tidak lagi melombakan peserta dalam bikini di kontes 2014, sementara Miss Universe tetap mempertontonkan bikini hingga sekarang.

Maria Harfanti, Raih Juara 3 di Miss World Berkat Jiwa Sosial

"Miss Universe 2015 adalah Kolombia... Maaf, Filipina"

Kapan dua ajang itu digelar?
Yang mungkin membuat bingung awam pekan lalu adalah waktu pelaksanaan yang mepet satu sama lain. Namun umumnya dua kontes itu digelar beda bulan, meski tidak ada batas waktu yang tegas dalam menggelar grand final. Biasanya antara Agustus sampai September. Yang jelas, masing-masing ajang konsisten dalam inkonsistensi ini.

Di mana tempatnya?
Seperti namanya, masing-masing ajang itu bisa digelar di belahan bumi mana pun. Namun sering kali mereka menggelar final beberapa kali di negara yang sama. Bedanya adalah Miss World tidak terlalu "Amerika sentris" seperti MIss Universe, yang dalam lima tahun terakhir menggelar tiga kontes di AS. Lokasi sangat ditentukan oleh sponsor.

Siapa pemilik dua kontes itu?
Mungkin Anda tak kaget lagi bahwa Miss Universe Organization lekat dengan nama triliuner AS Donald Trump, yang sekarang menjadi kandidat presiden AS dengan berbagai kontroversinya. Ini menjelaskan kenapa ajang ini kerap digelar di AS. Namun Trump telah menjual Miss Universe Organization ke perusahaan AS WME/IMG September lalu, menyusul penghentian kerjasama dengan NBC Universal.

Sementara itu Miss World Organisation didirikan oleh warga Inggris Eric Morley, dan jabatan CEO diambil alih oleh istrinya Julia Morley setelah dia meninggal pada 2000. jadi Anda bisa bedakan Miss Universe sangat kental urusan bisnisnya, sementara Miss World lebih sebagai ajang kekeluargaan.

Mana yang paling sering digelar?
Jawabannya menjelaskan kenapa dua kontes ini sulit dinilai mana yang lebih prestisius. Tahun ini Miss World digelar untuk yang ke-65, sementara Miss Universe ke-64. Beda tipis.

Dari sisi peserta?
Untuk tahun ini, Miss World diikuti lebih banyak peserta dari Miss Universe, 115 perempuan berbanding 80.

Siapa pesertanya?
Dalam hal ini sama, peserta harus lebih dulu menjuarai tingkat nasional di masing-masing ajang. Cuma sedikit beda di nama. Misalnya di Amerika, untuk ikut grand final harus menjadi Miss USA di Miss Universe atau Miss World America di ajang Miss World.

Bagaimana penilaiannya?
Terlepas dari perbedaan soal bikini, maisng-masing ajang menilai penampilan peserta dalam gaun malam dan banyak tahapan wawancara. Seleksi Miss World juga meliputi kerja sosial peserta, penggunaan multimedia, kemampuan fisik dan bakat. Miss Universe membuat sedikit terobosan tahun ini dengan melibatkan peserta untuk menilai secara online dalam skala 0-10 tentang penampilan gaun, bikini dan wawancara. Miss Universe juga menilai peserta dalam pakaian khas negara masing-masing.

Apa hadiahnya?
Sulit diukur hadiah untuk masing-masing pemenang. Sebagai gambaran, pemenang Miss Universe tahun lalu asal Kolombia, Paulina Vega, mendapat gaji satu tahun penuh, bebas sewa apartemen di New York, beasiswa satu tahun di New York Film Academy, kerja modeling, duta profesi dan kehumasan, undangan ke berbagai pertemuan, baju-baju gratis dan lain-lain. Sedangkan hadiah Miss World tak begitu jelas, tapi berwujud tunai.

Sumber: Bustle.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

"Miss Universe 2015 adalah Kolombia... Maaf, Filipina"

Ada juga yang mengusulkan agar Miss Filipina dan Miss Kolombia berbagi gelar "dalam semangat Natal."

HIBURAN | 22 Desember 2015

Afgan-Raisa Kisahkan Masa SMA di Video Klip "Percayalah"

Lagu Percayalah telah dirilis sejak 2 November lalu melalui pemutaran serentak di 200 radio se-Indonesia. Dalam kurun waktu dua bulan, video berisi lirik lagu yang diunggah di YouTube itu mampu menembus angka 2,9 juta views.

HIBURAN | 21 Desember 2015

MNC Play Kerja Sama Co-Branding dengan PermataBank

MNC Play kembali mengadakan kerja sama Co-Branding dengan PermataBank. Kerja sama yang bertujuan untuk mengembangkan layanannya.

HIBURAN | 21 Desember 2015

Henkel Bantu Proses Restorasi Topeng Firaun

Penggunaan bahan perekat yang tidak benar telah merusak topeng Tut Ankh Amun yang berusia lebih dari 3.000 tahun.

HIBURAN | 21 Desember 2015

Star Wars 7: The Force Awakens Tumbangkan Rekor Film Box Office

Ditambah dengan pemasukan di penjuru dunia, total The Force Awakens total meraup US$ 279 juta.

HIBURAN | 21 Desember 2015

Rumah Produksi K-Pop Tertarik Buat Drama di Indonesia

“Di Indonesia, mereka telah membicarakan beberapa grup media untuk memproduksi film drama dan saat ini sedang dibicarakan mekanisme kerja samanya

HIBURAN | 21 Desember 2015

Miss Universe 2015 Pia Alonso, Akhiri Penantian Pilipina Selama 42 Tahun

Kemenangan Pia Alonso Wurtzbach (26) pada ajang Miss Universe 2015, di Los Angeles, Amerika Serikat, sudah sangat dinanti selama 42 tahun oleh warga Pilipina.

HIBURAN | 21 Desember 2015

Pia Alonso Wurtzbach Menang Berkat Percaya Diri

Perhelatan Miss Universe 2015 menetapkan Pia Alonso Wurtzbach sebagai pemenang. Wanita asal Filipina ini terpilih berkat percaya diri.

DUNIA | 21 Desember 2015

Maria Harfanti, Raih Juara 3 di Miss World Berkat Jiwa Sosial

Lewat jiwa sosialnya yang tinggi, Maria Harfanti menjadi kontestan pertama asal Indonesia yang berhasil meraih gelar juara di ajang Miss World 2015.

HIBURAN | 21 Desember 2015

Star Wars Catatkan Rekor Baru

Star Wars: The Force Awakens catatkan rekor baru box office Amerika Serikat (AS) dan Kanada dengan dengan mendapatkan US$ 238 juta.

HIBURAN | 21 Desember 2015


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS