Dengan Girls Like You, Maroon 5 Satukan Kekuatan Wanita

Dengan Girls Like You, Maroon 5 Satukan Kekuatan Wanita
Maroon 5 ( Foto: Istimewa )
Diana Fitri Anisa / JAS Senin, 4 Juni 2018 | 16:24 WIB

Jakarta - Bukan Maroon 5 namanya, jika tidak memberikan kejutan di setiap karya yang mereka telurkan. Tepatnya Kamis (31/5), band pop rock asal Amerika Serikat ini resmi meluncurkan sebuah musik video bertajuk, Girls Like You yang berhasil menyita perhatian banyak orang. Hingga kini, video musik ini terus menjadi tranding dengan lebih dari 30 juta kali tonton.

Bagaimana tidak? Lagu hasil kolaborasi rapper wanita, Cardi B ini bukan tercipta hanya untuk menghibur telinga saja atau membuat hati wanita tersipu dibuatnya. Namun, lagu ini menunjukkan pesan mendalam, yaitu untuk menyatukan kekuatan yang dimiliki wanita di seluruh dunia.

Lalu mengapa harus wanita? Ya, acapkali wanita selalu diidentikkan sebagai makhluk yang tak berdaya, dan acapkali menjadi sasaran kekerasan. Oleh karenanya, band yang digawangi oleh Adam Levine ini menghadirkan 26 wanita inspiratif dengan berbagai latar belakang profesi, ras, warna kulit, dan juga kepercayaan. Mereka semua disatukan dalam alunan musik, bernyanyi, dan menari dengan wajah gembira.

Meski tak dilakukan dengan cara yang blak-blakkan, namun penonton pun dengan mudah menangkap makna tersirat itu. Maroon 5 dengan berani ingin mendobrak isu akan perbedaan suku, ras, gender dan agama yang hingga kini masih menjadi persoalan utama di dunia.

Lirik lagu dari Girls Like You juga menunjukkan bahwa dalam suatu hubungan posisi wanita dan laki-laki adalah setara dan saling membutuhkan. Girls like you. Love fun, yeah me too. What I want when I come through. I need a girl like you.

Beberapa bintang ikut serta mewarnai musik video berdurasi empat menit 31 detik itu. Mereka adalah, Tiffany Haddish, J Lo, Camila Cabello, Pheobe Robinson, Sarah Silverman, Mary J Blige, Rita Ora, dan sang Wonder Woman, Gal Gadot. Tak hanya itu, pembawa acara televisi Ellen DeGeneres yang juga hadir dengan penampilan maskulinnya.

Selain menjejerkan para bintang besar, terlihat juga wajah-wajah asing yang turut dihadirkan. Sebagian besar dari mereka adalah seorang aktivis yang memiliki kontribusi besar terhadap perdamaian dunia. Sebut saja, Angy Rivera adalah aktivis soal isu imigran. Ia juga membangun AskRivera untuk memberikan petunjuk bagi kehidupan remaja di AS.

Kemudian, Jackie Fielder yaitu seorang wanita yang telah mengambil peran besar dalam Dakota Access Pipeline (DAPL), untuk menyediakan asupan air bersih bagi masyarakat. Ada juga wanita yang telah meraih prestasi besar di dunia olahraga seperti, Danica Patrick. Ia adalah seorang pembalap wanita yang telah memenangkan balapan IndyCar Series.

Dua Hijaber

Terdapat satu lagi hal unik yang menyita perhatian umat Muslim. Pasalnya, terlihat dua wanita berhijab muncul dalam beberapa detik. Mereka adalah seorang yang menggagas media Islam Muslimgirl, Amani Al-Khatahtbeh dan wanita pertama yang menjadi legislator di Amerika Serikat, Ilhan Omar.

Meski kedua hijaber itu muncul hanya dalam beberapa detik, penampilan keduanya langsung menjadi pembicaraan hangat. Jika dilihat dari sejarah video klip yang dibuat Maroon 5, baru kali ini ia pula berani menampilkan wanita berhijab.

Kemudian, penonton pun dikejutkan dengan dua wanita terakhir penutup musik video ini. Siapa lagi jika bukan istri Adam Levine, Behati Prinsloo dan anaknya yang baru lahir beberapa waktu lalu Gio Grace Levine. Dengan pelukan hangat, video musik ini pun ditutup dengan begitu manis.

"Terima kasih untuk semua orang yang terlibat dalam proyek spesial ini, merasa terhormat dapat berbagi ini dengan kalian semua," tulis Levine pada unggahan di Instagram.

Girls Like You dirilis bersamaan dengan Maroon 5 kembali menjalani rangkaian tur bertajuk Red Pill Blues Tour bersama Julia Michaels. Lagu ini sendiri merupakan lagu kelima yang dirilis Maroon 5 video musiknya dari album tersebut. Sebelum ini, mereka telah merilis lagu Don't Wanna Know berduet dengan Kendrick Lamar, kemudian Cold bersama Future, What Lovers Do bersama SZA, dan Wait.

Konser Red Pill Blues Tour dimulai sejak Maret silam di Amerika Latin. Kini, Maroon 5 memulai tur kembali untuk Amerika Utara dengan menggandeng Julia Michaels sebagai penampil pembukanya. Tur bagian kedua ini akan dijalani Levine dan kawan-kawan hingga pertengahan November.



Sumber: Suara Pembaruan