Logo BeritaSatu
Art Moments Jakarta 2019

Menularkan Kesadaran Pentingnya Seni Rupa di Indonesia

Kamis, 4 Oktober 2018 | 15:05 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta - Perkembangan seni rupa di Indonesia terus bergerak maju, walau belum banyak yang memberikan perhatian. Museum dan galeri masih menjadi pilihan terakhir tempat berekreasi kebanyakan masyarakat urban.

Persoalan tersebut ternyata memberikan ide pada Leo Silitonga untuk menghelat sebuah art fair yang memiliki konsep berbeda dari biasanya. Pameran nantinya digelar di kawasan Gandaria City Mall dan Grand Sheraton Jakarta, pada 3-5 Mei 2019.

Art Moments Jakarta (AMT) adalah nama yang dikukuhkan Leo untuk ajang art fair ini. Lebih dari sekadar narasi, ajang ini akan menyediakan berbagai program yang diharapkan bisa menarik minat hingga 30.000 pengunjung.

Salah satu program menarik yang dirancang khusus dan diharapkan dapat merebut perhatian publik adalah program public engegement, yang tujuan utamanya mendekatkan seni kepada publik tanpa harus pergi ke museum secara khusus atau harus mengunjungi pameran yang ada di galeri-galeri seni rupa.

Untuk itu, AMT akan memamerkan karya-karya dari seniman lokal dan Internasional di dalam mal yang bisa dilihat bebas oleh publik. Di antaranya, seperti karya dari Christine Ay Tjoe, Kaws, Marc Quinn, Fernando Bortero, Ju Ming, dan salah satu karya dari Jean Mitchel Othoniel yang berjudul “Double Lacana Knot”.

Karya ini diketahui sempat melalang buana dan dipamerkan di Brooklyn Museum New York, serta Centre Georges Popidou di Paris.

Sedangkan untuk menanamkan kepedulian dan apresiasi terhadap karya seni, nantinya AMT akan mengundang sekolah-sekolah untuk datang berkunjung dan terjun langsung melihat koleksi seni bertaraf internasional.

Lebih dari itu, AMT nantinya juga akan menyediakan berbagai program untuk anak, atau Art for Children melatih rasa serta emosi.

"Kita akan membuat aktivitas yang menyenangkan untuk anak-anak. Dengan menggabungkan unsur petualangan dan seni dalam satu waktu. Seperti misal, anak-anak yang hadir akan mendapatkan kertas yang didalamnya terdapat teka-teki yang akan membawa mereka mendatangi dan mencari tahu secara detail karya-karya buatan para maestro yang dipamerkan dalam mall,” terang Fair Director, Leo Silitonga dalam taklimat media di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (3/10).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kuartal III, Pengiriman Kendaraan Tesla Capai 343.000

Kuartal III, Pengiriman Kendaraan Tesla Capai 343.000

OTOMOTIF | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings