Dipanggil Kang Mus, Epy Kusnandar Bangga Sekaligus Sedih

Dipanggil Kang Mus, Epy Kusnandar Bangga Sekaligus Sedih
Epy Kusnandar yang berperan dalam Film Preman Pensiun. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Rabu, 16 Januari 2019 | 16:29 WIB

Jakarta - Sosok Kang Muslihat atau Kang Mus baik dalam sinetron maupun film berjudul Preman Pensiun yang diperankan Epy Kusnandar sepertinya sudah sangat melekat di hati masyarakat. Bahkan kini, banyak yang mengenal dan memanggil Epy dengan nama Kang Mus.

Hal itu tentunya membuat Epy bangga sekaligus sedih karena mampu memerankan dengan total karakter Kang Mus yang diperankannya dalam sinetron dan filmnya itu. Hal itu diungkapkan Epy saat dijumpai di kawasan Sudirman, Jakarta pusat, Rabu (16/1).

"Karakter Muslihat itu memang kuat sekali. Bahkan saat break serial televisi Preman Pensiun, saya masih dipanggil Kang Mus sama banyak orang, teman saya sendiri juga sering manggil saya Kang Mus daripada kang Epy. Saya sejujurnya bangga bila karakter yang saya mainkan bisa dingat oleh masyarakat, namun sedih juga karena saya jadi kehilangan nama saya karena lebih banyak yang mengenal Kang ketimbang Epy Kusnandar," ungkap Epy.

Ditambahkan Epy, karakter Kang Mus dalam film Preman Pensiun The Movie yang akan mulai tayang besok memang sangat jelas terlihat ketimbang versi sinetronnya. Lantaran dalam versi filmnya ini, Peran Kang Mus tak lagi ada di bawah bayang-bayang nama besar aktor senior seperti almarhum Dedi Petet yang sempat memerankan kang Bahar. 

"Yang pasti karaket Kang Mus di film ini lebih kelihatan ketimbang versi sinetronnya, karena saat itu karakter Kang Mus itu masih ada dalam bayang-bayang nama besar Kang Bahar yang lebih menonjol. Di film ini, peran saya sangat kental jadi ketua geng. Jadi untuk bisa memahami dan dapat memahami benar- benar karakter harus dieksplor maksimal di film ini karena salah sedikit aja keliatan. Bukan saja salah dialog, salah perasaan aja 'ah salah nih kayaknya' penonton akan jeli," lanjutnya.

Untuk bisa sesuai dengan karakter seorang bos mafia, Epy mengaku sempat berdikusi lama dengan almarhum Didi Ptet sebelum beliau wafat. Bahkan Epy sendiri mengaku sampai melakukan observasi ke terminal Cicaheum, Bandung untuk sekedar bisa menyesuaikan karakter sebagai preman yang diperankannya itu.

"Saya awal pertama kali memerankan Kang Mus sebenarnya agak kebingungan, karena karakter yang saya terima kok jadi preman. Terlebih saya kan enggak pernah jadi preman. Tapi saya banyak diskusi sama Kang Didi Petet, akhirnya saya temui karakter itu (Kang Muslihat). Terus untuk menambah kental lagi karakternya saya pergi ke Terminal Cicaheum Bandung untuk observasi bagaimana cara menjadi preman, bagaimana saya harus menjadi preman yang sesuai dengan preman aslinya," tandasnya.

Selain Epy Kusnandar, sejumlah pemain seperti Tya Arifin, Soraya Rasyid, Sindy Lasmana Ica Naga, Deny Firdaus, M Fajar Hidayatullah serta beberapa pemain lainnya yang diyakini akan memunculkan kesegaran bagi para penontonnya. Film produksi MNC Pictures ini rencananya akan tayang mulai besok kamis tanggal 17 Januari 2019 di seluruh bioskop tanah air.



CLOSE