Ashanty Selalu Belajar dari Kegagalan

Ashanty Selalu Belajar dari Kegagalan
Ashanty ( Foto: istimewa )
Dina Fitri Anisa / EAS Kamis, 11 April 2019 | 06:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kata siapa usaha yang dimiliki para artis papan atas akan selalu mendulang kesuksesan? Nyatanya, jatuh bangun dalam memulai usaha juga dialami oleh Ashanty (34). Pun demikian, pengalaman tidak menyengkan dianggap sebagai proses pembelajaran oleh Ashanty.

Ashanty menceritakan, kegagalan terdahulu dikarenakan ia tidak siap untuk menjadi seorang wirausaha yang profesional. Semua usaha kecil yang ia buat tidak matang. Padahal kunci untuk berbisnis adalah mengikuti tren yang tengah berkembang di masyarakat.

Setelah bertemu sang suami, Anang Hermansyah, jiwa wirausahanya tumbuh kembali. Untuk menekuninya, ia rela menempuh pendidikan demi menyandang gelar Magister Manajemen Bisnis.

"Dulu saya tidak mengerti apa-apa dengan bisnis, makanya saya ambil kuliah bisnis,” terangnya saat ditemui di jumpa pers Young Enterpreneur Summit (YES) 2019, di Istora Senayan, Rabu (10/4/2019).

Setelah matang dan mendapatkan banyak ilmu baru, kini ia mampu membuka belasan cabang rumah makan di kota-kota besar, dan juga brand kosmetik sejak beberapa tahun lalu.

"Yang penting adalah konsisten. Jangan pernah putus asa dan takut pada gagal. Saya tidak malu pernah gagal. Kita harus berjuang,” ungkapnya.

Ashanty pun berpesan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk berwirausaha. Salah satu alasannya adalah dengan kemajuan teknologi yang memberikan segala kemudahan, termasuk menjual produk ataupun jasa.

"Banyak pengusaha muda yang sukses. Mereka bukan artis, tetapi dagangannya laris. Semua karena media sosial. Tidak butuh modal besar, dan risiko gagal pun kecil. Jangan lupa, yang terpenting adalah fokus terus pada bisnis kalian,” tukasnya.



Sumber: Suara Pembaruan