Hellboy Gagal Rajai Box Office

Hellboy Gagal Rajai Box Office
Poster film Hellboy ( Foto: Istimewa )
Dina Fitri Anisa / JAS Senin, 15 April 2019 | 08:31 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Setelah lebih dari 10 tahun sosok dari neraka ini tidak absen di layar lebar, film reboot terbaru Hellboy rupanya tidak mampu menarik perhatian publik. Dalam pekan penayangannya di 3.303 layar Amerika Utara, film yang kini digarap oleh Neil Marshall ini hanya mampu meraih US$ 12 juta (Rp 169,1 miliar) saja.

Pendapatan tersebut ternyata tidak cukup kuat untuk mengalahkan Shazam! dan film komedi baru bertajuk Little yang berada di posisi kedua box office. Tidak hanya itu, film dengan biaya produksi US$ 50 juta (Rp204,6 miliar) ini bahkan tidak memiliki kekuatan untuk membalap dua film serupa yang pernah digarap oleh Guillermo del Toro.

Film Hellboy yang tayang pada 2004 mendapatkan US$ 23,1 juta di minggu perdana. Sedangkan film lanjutannya, yaitu Hellboy II: The Golden Army menghasilkan pendapatan yang lebih baik, yaitu US$ 34,5 juta.

Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah, karena sejak awal diluncurkan di layar lebar, Hellboy (2019) sudah dihujani kritik negatif. CinemaScore tidak tanggung-tanggung, mereka memberikan nilai ‘C’ dari skala ‘A+’ sampai F. Sedangkan situs RottenTomatoes, dari 125 kritikus, hanya 22 orang yang memuji kehebatan film ini, selebihnya menurunkan jempol. Hingga akhirnya angka 3,6/10 pun diberikan.

“Setelah bakat imajinatif yang membuat Hellboys sebelumnya begitu menyenangkan, reboot tanpa jiwa ini menunjukkan Dante mungkin telah meninggalkan lingkaran kesepuluh dari Inferno-nya,” tulis kesimpulan kritik dari situs RottenTomatoes.

Mendapat ulasan negatif dari banyak kritikus, salah satu aktris yang membintangi film ini, Mila Jovovich, memberi pembelaan dan yakin suatu saat film ini akan punya penggemar fanatik. Ia mencontohkan seperti film yang ia mainkan dan dibantai habis oleh para kritikus, seperti The Fifth Element, Zoolander, Joan of Arc, dan Resident Evil, kini dipuja-puja dan diberikan sebutan cult classic karena masih tetap relevan dan tidak habis dikulik oleh para penggemarnya.

Alasannya, para aktor di Hellboy (2019) telah bermain dengan luar biasa, seperti David Harbour, Ian McShane, Daniel Dae Kim, dan Sasha Lane. Sedangkan faktor kedua, kreator komik aslinya Mike Mignola telah membantu penulisan naskah film dan berada di lokasi pengambilan gambar setiap hari demi membuat film ini tidak keluar dari jalurnya. Terakhir, Milla menyebut bahwa Neil Marshall adalah salah satu sutradara film horor terbaik.

“Selalu penuh tekanan pada akhir pekan pembuka (penayangan film) dan Hellboy tak ada bedanya. Kau harus bekerja keras untuk membuat hal yang menghibur dan menyenangkan, sekaligus harus menerima ulasan negatif dari para kritikus. Namun ya, itulah dunia pertunjukan," tulisnya dalam Instagram, Sabtu (13/4).

Film ini diadaptasi dari komik terbitan Dark Horse pada 1993. Berkisah tentang kehadiran bayi iblis yang dipanggil dari neraka ke Bumi oleh kelompok ilmuwan paranormal untuk menjadi alat perang nomor satu. Namun, rencana itu gagal, dan akhirnya seorang profesor membesarkan Hellboy seperti layaknya anak manusia.

Poster film Shazam!

Beralih ke posisi pertama, film pahlawan super yang juga dirilis dua pekan lalu, Shazam! kembali mendapat peruntungan. Dalam penayangan di pekan ke dua, film ini mendapatkan US$ 25,1 juta (Rp 353,7 miliar). Sedangkan untuk total pendapatan global, film karya David F. Sandberg ini telah berhasil meraih US$ 221,2 juta (Rp 3,1 triliun).

Pendapatan Shazam! di pasar domestik ini sebenarnya lebih rendah dari golongan film berbasis komik. Akan tetapi film ini tak banyak memakan biaya dari segi efek visual dibandingkan film sejenis. Melihat kesuksesan tersebut, dipastikan pahlawan DC ini akan memiliki sekuel. Hollywood Reporter menyebutkan bahwa penulis film Shazam!, Henry Gayden direkrut kembali untuk menuliskan kelanjutan kisah pahlawan yang diperankan oleh Zachary Levi itu.

Kemudian di posisi ke dua terdapat film komedi bertajuk Little yang mendapatkan US$ 15,4 juta (Rp 217 miliar) di 2.667 bioskop kawasan Amerika Utara. Film yang diperankan oleh Regina Hall, Issa Rae, Marsai Martin juga mendapat sumbangan dari pasar internasional sebanyak US$ 1,9 juta (Rp 26,7 miliar). [DFA]

Berikut adalah daftar film box office:

1. Shazam! – US$ 25,1 juta

2. Little – US$ 15,4 juta

3. Hellboy – US$ 12 juta

4. Pet Sematary (2019) – US$ 10 juta

5. Dumbo – US$ 9,1 juta

6. Captain Marvel – US$ 8,6 juta

7. Us – US$ 6,9 juta

8. After (2019) – US$ 6,2 juta

9. Missing Link – US$ 5,8 juta

10. The Best of Enemies – US$ 2 juta



Sumber: Suara Pembaruan