Tersaji Dua Cerita Rakyat di Film Upin Ipin

Tersaji Dua Cerita Rakyat di Film Upin Ipin
Karakter Upin Ipin bersama anak-anak usai menyaksikan film Upin Ipin The Movie. ( Foto: Beritasatu.com/Chairul Fikri )
Chairul Fikri / CAH Jumat, 17 Mei 2019 | 21:48 WIB

Jakarta, Beirtasatu.com - Memasuki pekan pertama pemutarannya di bioskop Tanah Air, Upin Ipin The Movie mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Menurut Chandra Sapta Surya, Promo and Strategic Planner Division Head MNCP, jumlah penonton pun naik signifikan. Bahkan ada bioskop yang menambah jumlah layar pemutaran Upin Ipin: Keris Siamang Tunggal.

"Antusiasme penonton cukup tinggi di pekan pertama, terlihat dari penuhnya kursi bioskop di beberapa tempat, tidak hanya Jakarta tetapi di wilayah lain di Indonesia. Melihat hal itu beberapa bioskop menambahkan jumlah layar mereka untuk menayangkan film Upin Ipin: Keris Siamang Tunggal," ujar Chandra Sapta Surya, Promo and Strategic Planner Division Head MNCP dalam keteran pers-nya, Jumat (17/5/2019).

Hal lain yang menarik dari cerita Upin Ipin The Movie, menurut Chandra adalah adanya dua cerita rakyat, Bawang Merah Bawang Putih dan Malin Kundang. Cerita tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton menyaksikan film tersebut. Masuknya unsur cerita rakyat yang dikenal di Tanah Air itu, hanya merupakan bagian dari pelengkap cerita fantasi petualangan Upin dan Ipin.

"Ini cerita fantasi dengan memasukkan unsur-unsur cerita yang ada di Nusantara seperti cerita Malin Kundang, versi Malaysia-nya adalah Si Tanggang. Cerita Bawang Merah Bawang Putih, hanya saja untuk versi ini yang baik justru Bawang Merah-nya. Jadi ini benar-benar cerita rekaan, fantasi dan bukan cerita yang menitikberatkan sisi legendanya. Kita punya kemiripan dalam hal cerita (dengan Malaysia), sama-sama punya cerita Bawang merah bawang putih, cerita Malin Kundang dan mungkin beberapa cerita rakyat lainnya. Tentu dengan versi yang berbeda," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com