Dwiki Dharmawan Jadikan Alquran Sumber Inspirasi

Dwiki Dharmawan Jadikan Alquran Sumber Inspirasi
Dwiki Dharmawan merilis album terbarunya bertajuk "Collaborating Harmony" di Jakarta, Selasa (25/2) ( Foto: Herman/Beritasatu.com )
Dina Fitri Anisa / FER Jumat, 24 Mei 2019 | 18:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komposer sekaligus musisi jazz tersohor Indonesia, Dwiki Dharmawan (52), menjadikan kitab suci alquran sebagai sumber inspirasi.

Dwiki bercerita, ia diminta untuk membuat lagu tema film Iqro:My Universe, bertajuk Untuk Semesta. Dalam penulisan lirik yang penuh makna dan inspiratif itu, Dwiki mengaku mendapat inspirasi dari salah satu surat dalam kitab suci Alquran, yaitu surat Ar-Rahman.

"Saya menulis lirik, membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit. Namun, untuk duduk mencari inspirasi itu cukup sulit. Sampai akhirnya saya menunaikan shalat malam (Tahajud), dan membaca surat Ar-Rahman disaat itu juga saya mendapatkan inspirasi,” ungkap Dwiki di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Dwiki, salah satu lirik dalam lagu ini yang cukup menyentuh terinspirasi dari ayat atau kalimat Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan). Meski bernapaskan Islam, Dwiki meramu lagu ini sedemikian rupa agar bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Dalam pengerjaannya, Dwiki juga terlebih dulu menjalani riset cukup lama agar tidak salah langkah. Ia pun mengaku cukup tertantang, pasalnya Dwiki lebih dikenal publik sebagai pencipta lagu-lagu dewasa.

"Saya riset mulai dari keponakan, hingga murid-murid di sekolah musik saya. Karena, kalau di sini musik bisa merajut film lebih baik, tetapi suasana musiknya harus ada yang disukai anak-anak. Musik dewasa saya mungkin sudah biasa. Tapi kali ini harus anak-anak dari kecil sampai ABG suka,” terang Dwiki.

Dwiki bertekad lagu tema film ini merupakan lagu tema yang akan kembali diseriusi oleh dia. Sebab setelah sekian lama dia tak pernah menggarap lagu tema dan juga scoring pada film.

"Ini seperti kebangkitan untuk saya. Terakhir itu tahun 1991 saya mengisi musik score pada Cinta dalam Sepotong Roti oleh Garin Nugroho. Saya niatkan kembali untuk terjun ke film dan saya memilih film yang mengedukasi tidak sekadar film yang menghibur,” jelas pria peraih The Best Keyboard Player pada Yamaha Light Music Contest di Tokyo, Jepang ini.



Sumber: BeritaSatu.com