Iko Uwais: Kuncinya Bekerja Profesional

Iko Uwais: Kuncinya Bekerja Profesional
Iko Uwais bediri di depan poster film terbaru yang dibintanginya, "Stuber". ( Foto: Beritasatu Photo / Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / JAS Selasa, 25 Juni 2019 | 15:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Uwais Qorny, atau yang dikenal dengan nama panggung Iko Uwais (36) adalah seorang aktor laga kebanggaan Indonesia. Bagaimana tidak? Iko saat ini berhasil menduduki peran di beberapa film produksi Hollywood. Salah satu yang terbaru adalah Stuber, film yang juga dibintangi oleh Dave Bautista dan Kumail Nanjiani.

Menurut Iko, bekerja profesional menjadi kunci keberhasilannya sejauh ini.  “Saat bekerja dalam film produksi Hollywood, seorang aktor harus mempersiapkan diri dengan baik. Jangankan 100 persen, kalau bisa lebih dari 1.000 persen untuk berakting maksimal di depan kamera,” terangnya saat jumpa pers Stuber, Senin (24/6/2019).

Hal tersebut ia tuturkan karena Hollywood sangat menjunjung tinggi profesionalitas setiap orang yang terlibat dalam produksi. Mulai dari tugas setiap divisi, kedisiplinan waktu, serta pembagian fasilitas kerja yang merata. Untuk itulah, Iko paham betul bagaimana kewajiban dan hak seorang pemain film harus dijalani secara beriringan.

Pendalaman karakter yang baik, menurut Iko, adalah salah satu profesionalitas yang harus dibangun seorang aktor. Dalam film arahan sineas Michael Dowse itu, Iko Uwais memerankan pengedar narkoba kelas berat, dengan tampilan khas rambut berwarna pirang.

Alhasil, rambut hitamnya harus di-bleaching dua kali selama 5 jam lebih, hingga rambutnya siap diberikan warna. Namun, usaha tersebut ternyata tidak berjalan mulus, setelah berjam-jam di-bleaching, kepalanya migrain hingga dua minggu lamanya.

Semula, Iko mengakalinya dengan pain killer. Tak kunjung sembuh, ayah dua anak ini lantas dilarikan ke rumah sakit. Di sanalah, dokter mengungkapkan diagnosis soal masalah pada kepada Iko.

“Akhirnya, saya disuntik oleh dokter. Ternyata saraf di kulit kepala saya iritasi akibat proses bleaching yang baru kali ini saya alami,” cerita suami Audy Item ini.

Kejadian ini rupanya tak membuat Iko Uwais kapok. Bila nanti ia kembali ditantang mengubah warna rambut, menaikkan atau menurunkan berat badan demi menghidupkan sebuah karakter, Iko Uwais akan selalu siap.

“Tidak apa-apa bagi saya ini bagian dari profesionalisme. Apapun rasanya sakit, saya harus fokus ke karakter saya. Kerja pagi pulang malam, saya harus tahan. Bekerja di Hollywood memang dituntut seprofesional mungkin,” tukasnya.



Sumber: BeritaSatu.com