Perjalanan Panjang Boneka Annabelle

Perjalanan Panjang Boneka Annabelle
Film sekuel kedua dari Annabelle berjudul Annabelle Creation yang kembali dimunculkan pada 2017. ( Foto: imdb.com )
Elvira Anna Siahaan / EAS Kamis, 27 Juni 2019 | 13:25 WIB

Hollywood, Beritasatu.com - Kisah perjalanan boneka Annabelle nampaknya menjadi perhatian khusus pasangan paranomal Ed dan Lorraina Warren. Bahkan dalam cerita nyatanya, kejadian-kejadian yang terjadi akibat keberadaan boneka bergaya Victoria ini membuat pasangan Ed dan Lorraine harus berhati-hati. Konon, boneka Annabelle mendapat tempat khusus di kamar penyimpanan barang-barang berharga milik Ed dan Lorraine.

Sebelumnya, keberadaan kamar khusus milik Ed dan Lorraine memang sudah ditampilkan sejak kemunculan film The Conjuring (2013). Dari isi dalam kamar khusus itu saja sudah terbayang, betapa mencekam dan menegangkan kehidupan Ed dan Lorraine.

Karena itu, dalam sekuel ketiga Annabelle Comes Home, sang sutradara dan produser menyelipkan kalimat terima kasih untuk mengenang keberadaan Lorraine Warren yang belum lama ini tutup usia (18 April 2019).

Berikut ini cuplikan cerita dari film Annabelle yang akan membangkitkan memori Anda:

2014 - Annabelle
Annabelle adalah film horor supranatural Amerika yang dikenalkan sejak tahun 2014. Film arahan sutradara John R. Leonetti diproduksi oleh James Wan, dan ditulis oleh Gary Dauberman.

Film ini adalah prekuel dan spin-off dari The Conjuring dan terinspirasi oleh boneka nyata bernama Annabelle. Film ini dimulai dengan adegan pembukaan yang sama seperti The Conjuring. Pada tahun 1968 di mana dua wanita muda dan seorang pemuda yang mengatakan kepada Ed dan Lorraine Warren tentang pengalaman mereka dengan boneka yang disebut Annabelle. Mereka percaya boneka itu berhantu.

Kemudian kisah mundur ke tahun 1967, saat pasangan John dan Mia Form yang tinggal di Santa Monica sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka. John memberinya hadiah boneka yang ia cari dengan susah payah.

Mia menyukainya dan menempatkannya dengan di samping koleksi bonekanya. Ternyata kehadiran boneka bernama Annabelle itu menjadi malapetaka dalam keluarga John dan Mia.

Film Annabelle muncul pada 2014, tepatnya pada 29 September. Awalnya film dibintangi oleh Annabelle Wallis, Ward Horton, dan Alfre Woodard. Annabelle tayang perdana di TCL Chinese Theatre di Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat.

Awalnya film ini mendapat ulasan negatif, meskipun pendapatan kotornya lebih dari US$ 252 juta (Rp 3,1 triliun), dan anggaran produksinya US$ 6,5 juta (Rp 80,2 miliar). Tetapi film ini berhasil menjadi salah satu film horor terlaris sepanjang waktu.

2017-Annabelle: Creation
Dalam sekuel kedua, boneka terkutuk Annabelle kembali datang ke bioskop. Kali ini bukan kisah lanjutan teror yang ia sebabkan, melainkan cerita sebab musabab boneka horror ikonis serial The Conjuring tersebut.

Melalui Annabelle: Creation, produser James Wan dan Peter Safran merekrut sutradara Lights Out, David F Sanberg untuk menggambarkan kengerian di balik kisah si boneka jahat Annabelle.

Dengan garapan naskah oleh Gary Sauberman, Annabelle: Creation dimulai dari kisah kehidupan pasangan pembuat boneka, Samuel Mullins (Anthony LaPaglia) dan istrinya (Miranda Otto), serta seorang anak perempuan Bee (Samara Lee).

Berbeda dari film awalnya, disini film menonjolkan kisah anak-anak perempuan yang tinggal di rumah yatim piatu. Satu dari anak perempuan tersebut tanpa sengaja menemukan boneka Annabelle yang disimpan dalam sebuah kamar.

Film yang menonjolkan kisah keluarga ini terbukti berhasil meraup keuntungan US$ 306 juta. Bahkan film ini mendapatkan kritikan positif dari pengamat film.



Sumber: Suara Pembaruan