Ed Sheeran Pecahkan Rekor U2

Ed Sheeran Pecahkan Rekor U2
Ed Sheeran. ( Foto: Beritasatu Photo / Dina Fitri )
Indah Handayani / FER Minggu, 4 Agustus 2019 | 15:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Ed Sheeran, berhasil memecahkan rekor tur terlaris sepanjang masa yang sebelumnya dipegang group band asal Irlandia, U2.

Seperti dikutip Variety, hal itu karena tur dunia yang milik Sheeran berjudul Devide Tour telah menembus angka pendapatan sebesar US$ 736,7 juta atau setara Rp 10,4 triliun (kurs Rp 14.231).

Berdasarkan perhitungan Pollstar, angka itu diraih Sheeran setelah menggelar konser ke 246 dari Devide Tour di Jerman pada Jumat malam (2/8/2019) waktu setempat. Sebelumnya, U2 mencetak tur terlaris sepanjang masa pada 2011, ketika menggelar tur bertajuk 360 Tour yang mencetak pendapatan total US$ 735,4 juta.

Sheeran mengaku baru mengetahui Divide Tour menjadi tur terlaris sepanjang masa pada konser di Jerman. Ia mengaku itu merupakan hal luar biasa baginya.

"Saya merasa sangat beruntung telah mengalami semua negara dan kerumunan yang indah selama dua setengah tahun terakhir. Terima kasih kepada para penggemar dan semua orang yang memungkinkan," ungkapnya.

Pollstar melaporkan bahwa tur Sheeran memiliki harga tiket rata-rata US$ 86,75 yang dinilai masih terjangkau, dan berkontribusi pada hasil pendapatan pertunjukan di 166 tempat di 43 negara. Tur Sheeran sendiri mengambil lokasi di stadion, dengan rata-rata 34.541 penonton.

"Saya pikir kami mungkin memiliki kesempatan untuk memiliki rekor kehadiran tertinggi, tetapi bukan tur terlaris," kata manajer Sheeran, Stuart Camp.



Sumber: Investor Daily