Nunung dan Suami Direkomendasi Jalani Rehabilitasi

Nunung dan Suami Direkomendasi Jalani Rehabilitasi
Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (kiri) dan July Jan Sambiran (tengah) dihadirkan saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 22 Juli 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Bayu Marhaenjati / JAS Rabu, 7 Agustus 2019 | 17:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, telah menerima hasil assessment tersangka Tri Retno Prayudati alias Nunung serta suaminya July Jan Sambiran dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta. Keduanya direkomendasikan menjalani rehabilitasi medis dan sosial, tetapi tidak mengabaikan proses hukum yang berjalan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, assesment tersangka Nunung dan suaminya telah dilakukan pada tanggal 24 Juli 2019 lalu. Kemudian, hasil assessment diterima penyidik tanggal 30 Juli 2019.

"Intinya bahwa hasil assessment ini adalah tersangka NN dan JJ perlu rehab medis dan sosial. Sesuai ketentuan yang berlaku tidak mengabaikan proses hukum yang berjalan," ujar Argo, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (7/8/2019).

Sementara itu, Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, assessment terhadap Nunung dilakukan tim medis BNNP DKI Jakarta dan tim hukum.

"Kesimpulannya merekomendasikan tersangka NN dan JJ untuk dilakukan rehabilitasi medis dan sosial di lembaga pemasyarakatan sampai selesai. Tanpa mengabaikan proses hukum," ungkap Calvijn.

Calvijn menyampaikan, hingga saat ini proses penyidikan masih terus berjalan, berkas perkara keduanya juga sudah dilimpahkan ke kejaksaan.

"Artinya proses hukum penyidikan masih berjalan. Berkas perkara juga sudah dilimpahkan. Kita menungu apabila dinyatakan P21 kita akan lakukan tahap dua (pelimpahan tersangka dan barang bukti). Proses rehab di lapas. Jadi itu tadi rekomendasinya. Rekomendasi yang ada agar tersangka NN dan JJ direhab medis dan sosial. Apabila ada urgensi kita akan liat," katanya.

Diketahui, polisi menangkap komedian senior Nunung dan suaminya terkait kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu, di kediamannya Jalan Tebet Timur III, Tebet, Jakarta Selatan, 19 Juli 2019). Termasuk, pengedarnya bernama Hadi Moheriyanto alias Hery alias Tabu.

Penyidik menyita barang bukti di antaranya satu klip sabu seberat 0,63 gram, dua klip kecil bekas bungkus sabu, tiga sedotan plastik untuk menggunakan sabu, satu botol plastik, satu sendok, potongan pecahan pipet kaca, satu korek api, dan empat ponsel, ketika menggeledah rumah Nunung.



Sumber: BeritaSatu.com