Anies Apresiasi Penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival

Anies Apresiasi Penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengapresiasi  penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival (JMF) yang diselenggarakan di Taman Impian Jaya Ancol. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Dina Fitri Anisa / FER Senin, 19 Agustus 2019 | 16:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival (JMF) yang digelar di Taman Impian Jaya Ancol.

"Ini adalah sebuah ikhtiar untuk mengembangkan musik Melayu. Kita menyadari budaya bukan untuk dilestarikan karena dia menjadi bagian dari masa lalu kalau kita lestarikan. Budaya harus dikembangkan untuk mengikuti perubahan zaman,” kata Anies dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (19/8/2019).

Menurut Anies, musik Melayu juga memiliki narasi-narasi yang penting. "Salah satu tradisi yang amat penting, adalah musik Melayu. Musik Melayu memiliki narasi-narasi yang penting. Narasi-narasi kemerdekaan, narasi-narasi keadilan," ujar Anies.

Anies menjelaskan, Jakarta Melayu Festival bukan pertama kali ini, tapi sudah sembilan kali dan dirinya sudah terlibat sejak awal. "Jakarta Melayu Festival (JMF), bukan sekedar melestarikan tetapi juga mengembangkan seni dan budaya, serta bagian dari upaya membahagiakan warga Jakarta," imbuh Anies.

Anies turut mengucapkan terima kasih kepada tiga figur yaitu Geisz Chalifah, Ferry Mursyidan Baldan, dan Syamsuddin Ch Haesy konsisten menyelenggarakan JMF dari tahun ke tahun.

"Konsisten sembilan kali menyelenggarakan Jakarta Melayu Festival. Saya merasa bersyukur menjadi bagian sejak awal,” beber Anies

Sementara itu, produser Jakarta Melayu Festival Geisz Chalifah dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasihnya karena JMF telah dilaksanakan yang ke-9 kalinya.

"Tahun ini adalah tahun kesembilan. Tahun depan Insha Allah yang ke-10, ke-11, ke-12, dan seterusnya sampai musik Melayu benar-benar menjadi identitas sajati bangsa Indonesia,” kata Geisz.



Sumber: BeritaSatu.com