Jadi Juri Film, Adinia Wirasti Akan Menilai dengan Hati

Jadi Juri Film, Adinia Wirasti Akan Menilai dengan Hati
Adinia Wirasti ( Foto: dina fitri anisa )
Dina Fitri Anisa / EAS Jumat, 20 September 2019 | 12:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Aktris Adinia Wirasti didapuk menjadi juri untuk kompetisi HOOQ Filmmakers Guild Musim ke-3. Perempuan yang pernah menjadi Aktris Terbaik di Asian Academy Creative Awards 2018 ini mengaku akan menilai sebuah karya menggunakan hatinya. 

"Aku akan memilih dengan hati. Ini karya seni. Kita yang ada di dalamnya juga mengerti seni. Rasanya tidak adil menghakimi seni dengan ragam persyaratan yang kaku. Melihat seni itu menggunakan rasa, jadi kita harus menjaga itu,” ungkap Adinia saat jumpa pers di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019).

Skrip atau draf naskah yang dikirim oleh peserta dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, India, Filipina, Kamboja, dan Vietnam akan terlebih dahulu dikurasi dan dinilai oleh juri. Adinia mengatakan, dengan metode rasa, ia akan memilih karya yang akan membuat pikiran dan hatinya menyatu.

"Cara ini sebenarnya yang saya lakukan sebelum memilih film. Biasanya saya harus membaca dulu sinopsis singkatnya, dan berpikir apakah cerita itu membuat saya jatuh hati atau tidak. It’s all about human interest,” ungkap perempuan berusia 32 tahun ini.

Ia pun menambahkan, ajang kompetisi seperti HOOQ bisa menjadi wadah yang sangat baik untuk menyaring bakat-bakat baru di industri perfilman, terutama di Indonesia. Dirinya pun optimis, karya-karya anak Indonesia mampu bersaing dengan kontestan dari beberapa negeri tetangga.

"Adanya wadah seperti ini bisa membantu filmmaker yang tidak terkespos sebelumnya. Indonesia ini memiliki ragam cerita lokal yang kaya. Sekarang ada banyak cara untuk membagikan cerita kita, tidak hanya dengan layar lebar yang prosesnya jauh lebih ribet," jelasnya.



Sumber: Suara Pembaruan