Livi Zheng Terima Permintaan Maaf Salah Satu Media

Livi Zheng Terima Permintaan Maaf Salah Satu Media
Sutradara Livi Zheng. ( Foto: BeritaSatu Photo / Chairul Fikrie )
Chairul Fikri / CAH Senin, 23 September 2019 | 14:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sutradara muda Livi Zheng menerima permintaan maaf dari media Tirto terkait pemberitaan mengenai dirinya yang dinilai tidak akurat. Sebelumnya Dewan Pers menetapkan bahwa Tirto menyalahi kode etik jurnalistik pada pasal 1 dan 3 karena menyajikan berita yang tidak akurat, tidak uji informasi, tidak berimbang dan menghakimi.

Atas kasus itu, pihak media itupun melontarkan permintaan maafnyadan memuat hak jawab sebagaimana yang diminta Dewan Pers.

"Saya sendiri telah datang kepada Dewan Pers untuk meminta pertanggung jawaban atas berita yang dimuat oleh pihak Tirto.id yang kesannya melakukan pembunuhan karakter saya. Dewan Pers sendiri sudah memediasi dan hasilnya, nanti Tirto akan meminta maaf dan saya akan melakukan hak jawab. Banyak sekali yang keliru dan nanti akan dibuat dalam hak jawab," ungkap Livi dalam keterangan pers, Senin (23/9/2019).

Disingung tentang pemberitaan yang dimuat oleh salah satu media itu, Livi menganggap artikel yang dikeluarkan media tersebut terkesan menyinggung latar belakang dirinya dan keluarganya yang tidak sesuai dengan aslinya. Livi juga menganggap pemberitaan tersebut keliru dan perlu diluruskan.

"Makanya sudah ada kesepakatan sama Tirto, mereka minta maaf dan saya mendapatkan hak jawab," tegas Livi.

Livi Zheng (sebagai pelapor) mengadu ke Dewan Pers pada 9 September 2019 terkait pemberitaan Tirto. Hasilnya Dewan Pers menilai serangkaian artikel teradu melanggar Pasal 1 dan 3 Kode Etik Jurnalistik karena menyajikan berita yang tidak akurat, tidak uji informasi, tidak berimbang dan menghakimi.

Sebagai lembaga penyiaran yang terikat dengan Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, di mana Dewan Pers diberi kewenangan untuk menyelesaikan sengketa jurnalistik, pihak media yang dilaporkan menerima penilaian Dewan Pers dan memohon maaf kepada Livi Zheng dan masyarakat. 

 



Sumber: BeritaSatu.com