Super K-Pop Festival 2019 Digelar Besok

Super K-Pop Festival 2019 Digelar Besok
Festival musik terbesar di Asia, Super K-Pop Festival Indonesia 2019 (SKF 2019) akan segera diselenggarakan selama dua hari, yakni 28 dan 29 September 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Indah Handayani / RSAT Jumat, 27 September 2019 | 16:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Super K-Pop Festival (SKF) Indonesia 2019 yang merupakan festival musik terbesar di Asia siap digelar 28-29 September 2019 di Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang.

Festival yang berlangsung 2 malam ini akan dimeriahkan oleh 11 penampilan seleb K-Pop terkenal dengan tujuh artis membawakan lima atau enam lagu. Sebut saja Lee Hi, Tiffany Young, Red Velvet, Nu’est, Kyuhyun Super Junior (Suju), Momoland, Apink, The Boyz, Ha Sung Woon, Super Junior-D&E (Donghae & Eunhyuk) dan Fromis_9 akan memeriahkan festival ini.

Pada hari pertama, 28 September 2019 besok, para fans akan dihibur oleh penampilan dari Tiffany Young, Ha Sung Woon, Apink, Nu’est, Red Velvet, Kyuhyun Suju, dan Super Junior-D&E. Dilanjutkan oleh Lee Hi, Fromis_9, The Boyz, Momoland, Red Velvet, Kyuhyun Suju, dan Super Junior -D&E di hari kedua festival, 29 September 2019.

"Bagi yang telah membeli 2 days pass ticket dari Festival Super K-Pop ini mendapat kesempatan menyaksikan Red Velvet, Kyuhyun Suju, dan Super Junior-D&E selama dua hari berturut-turut dalam acara SKF 2019," ungkap pihak penyelenggara dalam keterangan pers yang diterima Jumat (27/9/2019).

Selain itu ada pula acara-acara menarik lainnya di “Day Time Festival” yang khusus disediakan oleh promotor untuk para pecinta K-Pop. Sebut saja K-Dance Workshop, K-Beauty Workshop, K-Noraebang, Random Play Dance, dan masih banyak lagi. “Bagi kamu para pecinta K-Pop pasti juga sudah tidak asing dengan Marhen.J, label tas yang sedang digandrungi di Korea Selatan. Dalam festival ini pun akan hadir edisi khusus SKF 2019 x Marhen.J," tambah penyelenggara.

Genre Populer di Dunia
Sementara itu, dikutip Bilboard, K-pop terdaftar sebagai genre ketujuh yang paling populer secara global dalam laporan yang diterbitkan International Federation of the Phonographic Industry Music Listening (IFPI) 2019.

Pop, rock, dan oldies adalah tiga genre favorit dari seluruh dunia, sementara hip-hop/rap, dance/elektronik dan indie/alternative berada di depan peringkat K-pop. Musik metal, R&B, dan klasik mengikuti. Menurut laporan itu, hip-hop sangat populer terutama di kalangan mereka yang berusia 16-24 tahun.

Dalam laporan Music Consumer Insight tahun lalu, yang diterbitkan pada 9 Oktober 2018, IFPI tidak memasukkan K-pop atau oldies dalam peringkat genre musik favorit dunia. Sementara daftar tahun ini yang tidak memasukan kategori soundtrack dan soul/blues, dan berganti nama menjadi yang lain, seperti penyanyi/penulis lagu yang tampaknya tercermin dalam kategori indie/alternatif 2019. Meskipun IFPI menjuluki K-pop genre, istilah ini mencerminkan berbagai musik yang keluar dari Korea Selatan.

Laporan IFPI didasarkan pada data yang diperoleh melalui survei online yang dilakukan antara April dan Mei tahun ini dengan 34.000 orang, berusia 16-64, dari 21 negara yang berbeda.



Sumber: Investor Daily