Rayakan HUT Ke-15, Magenta Orchestra Gelar Konser MOXV

Rayakan HUT Ke-15, Magenta Orchestra Gelar Konser MOXV
Magenta Orchestra pimpinan Andi Rianto yang berkolaborasi dengan tujuh penyanyi/grup band Indonesia dan satu diva internasional ( Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR )
Dina Fitri Anisa / IDS Jumat, 8 November 2019 | 11:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebuah pencapaian perjalanan panjang telah dilalui oleh Magenta Orchestra. Tahun ini, Magenta Orchestra yang dipimpin oleh Andi Rianto, seorang musisi ternama Indonesia genap menginjak tahun ke-15. Sebagai tanda perayaan, sebuah konser orkestra bertajuk MOXV akan digelar di Jakarta international Velodrome pada Sabtu (23/11/2019).

Andi Rianto menyampaikan, konser MOXV adalah sebuah suguhan yang ia berikan untuk para penggemar musik di Indonesia, khususnya musik orkestra. Konser ini ia persembahkan bukan hanya untuk sekadar tontonan menghibur, tetapi juga edukatif.

"Saya ingin mematahkan stigma bahwa musik orkestra hanya bisa dinikmati segelintir orang. Untuk itu, saya selalu menyajikan penampilan musik yang easy listening. Jadi setelah selesai pertunjukan, ada kesan yang bisa dibawa ke rumah. Ada memori yang dibawa," ungkapnya saat jumpa pers di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019).

Dalam konser yang berlangsung selama dua jam nanti, Andi akan menyuguhkan berbagai kejutan istimewa. Salah satunya, ia akan menggabungkan unsur-unsur Jawa dalam permainan musiknya.

"Musik orkestra itu bisa diambil dari akar kita. Bangsa kita butuh akar dan kepercayaan diri dengan budaya," terangnya.

Selain itu, Andi juga memilih beberapa bintang tamu yang akan menemaninya di atas panggung. Mereka adalah Sheila Majid, Bunga Citra Lestari, Raisa, Christian Bautista, Andrea Miranda, Friendz Chow, serta pasangan kakak beradik Gamaliell dan Audrey Tapiheru.

"Tidak asal dipilih, mereka adalah para penyanyi yang telah mengiringi perjalanan panjang Magenta Orchestra sepanjang kariernya," terangnya.

Mendapat kesempatan ini, Gamaliell dan Audrey Tapiheru pun merasa sangat senang. Mereka berdua menganggap konser MOXV adalah ajang reuni dengan sosok Andi Rianto.

"Pada 2009, kami dihubungi oleh Mas Andi dan diajak berkolaborasi di sebuah acara yang bergengsi di salah satu stasiun televisi. Setelah 10 tahun kemudian, kami kembali diajak bermain bersama. Nanti kami akan membawakan beberapa lagu dari GAC yang akan diaransemen oleh Mas Andi," ungkap Gamaliell.

Panggung Spektakuler
Demi membuat konser yang spesial dan tak terlupakan, Andi mengajak sahabatnya, Jay Subyakto untuk menjadi Art Director. Benar saja, impian Andi bisa terwujud berkat 'berbagai de gila dari Jay. Ia memutuskan untuk membangun panggung spektakuler di tempat yang tidak biasa.

Jay mengatakan, sebelumnya ia telah melakukan riset di daerah Yogyakarta dengan konsep awal sebuah konser di pelataran Candi. Namun, karena alasan akomodasi akhirnya mereka memutuskan untuk memanfaatkan fasilitas olahraga Jakarta International Velodrome.

"Karena saya pernah ikut terlibat dalam penyelenggaraan Asian Paragames, jadi saya tahu beberapa venue pertandingan yang bisa digunakan untuk konser. Kami pun memilih Velodrome karena tempatnya unik, fasilitasnya bagus, dan sempurna untuk konser," jelasnya.

Total tersedia 2.433 kursi penonton di lokasi ini. Bagi Jay, ini merupakan suatu tantangan. Sebab, penonton yang duduk di mana pun harus mendapatkan audio yang sama baiknya dan merata.

Selain urusan desain akustik dan kebutuhan audio, Jay bersama tim juga akan mengintegrasikan beberapa elemen seperti desain multimedia dan video mapping. Rencananya, mereka akan mendirikan panggung setinggi 3,5 meter untuk menampung puluhan musisi yang bergabung dalam satu panggung.



Sumber: Suara Pembaruan