Claudia Emmanuela Mengharumkan Nama Indonesia di Jerman

Claudia Emmanuela Mengharumkan Nama Indonesia di Jerman
Claudia Emmanuela Santoso mengharumkan nama Indonesia di ajang The Voice of Germany musim ke-9. ( Foto: istimewa )
Dina Fitri Anisa / EAS Selasa, 12 November 2019 | 12:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Nama Indonesia kembali harum di kancah internasional. Perempuan asal Cirebon, Claudia Emmanuela Santoso (19) berhasil menjadi juara di ajang pencarian bakat The Voice of Germany musim ke-9. Sejak tahap audisi, penampilan Claudia selalu mencengangkan para juri. Terkenal dengan suaranya yang kuat dan mampu mencapai nada-nada tinggi, dia bisa menaklukkan lagu-lagu yang sulit seperti Say Something, Never Enough, dan Listen.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (11/11/2019), setelah sukses mencapai babak final yang dilaksanakan Minggu (10/11/2019),  Claudia dengan merdu membawakan lagu legendaris dari Whitney Houston berjudul I Have Nothing. Saat Claudia bernyanyi, juri di The Voice Jerman sampai sempat menitikkan air mata. Bahkan, Alice Merton selaku juri sekaligus pelatih langsung memeluknya sesaat Claudia selesai menyanyikan lagu tersebut.

Bersaing dengan lima kontestan lain dari Jerman, Claudia berhasil memeroleh hasil voting sebesar 46,39%. Sedangkan di posisi kedua dengan hasil voting 17,36% diduduki oleh peserta bernama Erwin Kintop.

Kemenangan yang diraih Claudia Emmanuela langsung diunggah oleh akun Instagram resmi The Voice of Germany. Mereka mengunggah foto Claudia dengan menambahkan keterangan "Selamat, Claudia Manuella memenangkan The Voice of Germany season 9!"

Dalam unggahan di Instagram tersebut, sudah terdapat lebih dari 11.500 tanda suka dan 1.300 komentar yang memberikan selamat, baik dari warga Indonesia maupun warga Jerman. Di YouTube, video Claudia bernyanyi ini sudah ditonton lebih dari 400.000 kali dan mendapatkan 5.100 komentar.

Sedangkan dalam akun pribadi miliknya @Audi_Emmanuela mengungkapkan rasa terima kasih kepada keluarga serta para pendukung setianya. Ungkapan itu ia unggah beserta foto kemenangannya di atas panggung The Voice.

“Saya berterima kasih kepada Tuhan atas segala berkat yang diberikan dalam hidup saya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga, dan teman yang mencintai dan mendukung saya tanpa henti . Saya juga berterima kasih atas cinta yang dkirimkan dari Indonesia. Serta yang terakhir, terima kasih kepada @thevoiceofgermany, para juri, dan kru atas kerja sama. Saya berlajar banyak dan bertemu dengan banyak orang-orang berbakat lainnya,” tulis Claudia.

Singkat cerita, Claudia memang sudah memperlihatkan bakat bernyanyi sejak usia balita. Ke dua orang tuanya pun mendukung penuh dengan cara memasukkan Claudia di sekolah musik sejak usia empat tahun.

"Saya masukkan Audi ke les atau sekolah musik mulai sejak usia empat tahun di dalam dan juga luar Cirebon. Kita berjuangnya lumayan keras,” kata ibu kandung Claudia, Christin Gunawan, dilansir dari berbagai sumber, Senin (11/11/2019).

Kesuksesan Claudia saat ini memang tengah menjadi kebanggaan Indonesia. Namun, jelas dirinya bukan orang Indonesia pertama yang memenangkan ajang bakat dan nyanyi di luar negeri. Sebelum Claudia ada beberapa nama yang prestasinya bahkan diadu oleh para pemilik bakat cemerlang dari seluruh dunia.

 



Sumber: Suara Pembaruan