Reza Rahadian Senang Perankan Berbagai Karakter

Reza Rahadian Senang Perankan Berbagai Karakter
Reza Rahadian. ( Foto: Beritasatu Photo / Dina Fitri Anisa )
Diana Fitri Anisa / JAS Rabu, 15 Januari 2020 | 10:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Siapa yang tidak kenal Reza Rahadian? Kemampuan berakting pria berusia 32 tahun ini sudah tidak diragukan lagi. Sederet film yang ia bintangi pun berhasil mencatat angka penonton yang tinggi dan senantiasa dibanjiri penghargaan.

Pun demikian, rekam prestasi yang telah Reza raih bukan menjadi penggerak utama dirinya untuk terus terjun ke dunia peran. Reza mengatakan kepada Suara Pembaruan, bahwa salah satu hal yang membuatnya bertahan hingga kini adalah, kepuasan yang ia dapat saat berhasil memainkan banyak karakter dalam hidupnya.

Untuk itulah, Reza enggan menjawab dengan lugas jika ditanyakan peran apa yang paling ingin ia mainkan. Menurutnya, selama jiwa dan raganya masih mampu untuk bekerja, ia tidak akan berhenti untuk menggali lebih banyak karakter yang ada.

“Saya tidak pernah bisa menjawab pertanyaan tersebut secara spesifik. Selama kehidupan itu berlangsung, saya tidak pernah membatasi diri saya untuk mengeksplor banyak karakter. Mungkin banyak orang yang berpikir, pencapaian seorang aktor itu bisa berperan menjadi orang gila. Namun, buat saya itu bukan sebuah tujuan,” terangnya di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Jadi tidak heran bila banyak tawaran film dengan beragam karakter ia terima. Menurutnya, ia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mengeksplor karakter-karakter yang berbeda. Reza pun mengakui, bahwa dirinya sangat senang bisa terus bertransformasi menjadi sosok yang berbeda.

“Itu alasan kenapa saya menerima tawaran film Toko Barang Mantan. Selain melihat ide cerita yang menarik, film ini juga memiliki sutradara dan penulis yang sudah lama saya harapkan untuk bekerja sama. Kemudian, saya juga melihat para pemain lainnya, termasuk lawan main saya. Ternyata semuanya asik-asik untuk bekerja sama,” jelasnya.

Tidak hanya film, pria yang pernah meraih penghargaan Aktor Terbaik di Festival Asia Pasific ini pun juga melebarkan sayapnya di dunia teater. Beberapa pagelaran yang pernah ia ikuti adalah, Bunga Penutup Abad, Perempuan-Perempuan Chairil, dan Cinta Tak Pernah Sederhana.

Mendalami Karakter

Mengingat pentingnya menjadi seorang aktor, Reza Rahadian pun berusaha keras untuk mendalami karakter yang ia harus perankan. Menurutnya, ini adalah tahap paling krusial dari proses kerja keaktoran.

"Untuk mendalami sebuah karakter, kadang saya bisa berimajinasi. Membawa dalam konsep seperti apa, look-nya seperti apa. Kalau riset, biasanya saya melakukan itu karakter tertentu. Misal menjadi dokter, saya akan riset. Hal krusial apa yang tidak boleh salah. Seperti, menggunakan stetoskop. Harus dipasang dengan benar," tutur pria kelahiran Bogor ini.

Pria yang dikenal sangat mahir memerankan tokoh Presiden ketiga Indonesia, BJHabibie ini juga mengatakan, setiap karakter memiliki cara pendalaman yang berbeda. Untuk itu dibutuhkan kepekaan melihat latar belakang karkater dari sisi sosiologis dan psikologisnya.

“Sebagai aktor saya memiliki tendensi untuk membentuk sesuatu. Namun, kita juga harus sadar kapan kita harus rem. Karena tidak semua karakater bisa di-treat dengan cara yang sama. Ada karakter-karakter yang sangat realistis, yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, tidak harus dimacem-macemin, karena itu akan membuat karakter mereka jadi berbeda dari aslinya,” tukasnya. 



Sumber: Suara Pembaruan