Scarlett Johansson Raih Dua Nominasi Oscar

Scarlett Johansson Raih Dua Nominasi Oscar
Scarlett Johansson ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Dina Fitri Anisa / FER Kamis, 16 Januari 2020 | 19:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kali pertama, aktris Scarlett Johansson berhasil menempatkan namanya dalam daftar nominasi Academy Awards atau Piala Oscar ke-92, yang rencananya akan digelar pada 10 Februari 2020 mendatang..

Scarlett mendapat dua nominasi sekaligus di kategori Actress in a Leading Role (Aktris Pemeran Utama Terbaik) melalui film Marriage Story dan Actress in a Supporting Role (Aktris Pemeran Pendukung Terbaik) melalui film Jojo Rabbit.



Dalam kategori Aktris Utama Terbaik, Scarlett Johansson bersaing dengan Cynthia Erivo (Harriet), Renee Zellweger (Judy), Charlize Theron (Bombshell), dan Saoirse Ronan (Little Women).

Sementara, untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik, ada Margot Robbie (Bombshell), Florence Pugh (Little Women), Laura Dern (Marriage Story), dan Kathy Bates (Richard Jewell).

Momen aktris mendapat double mention di bidang akting dalam Oscar jarang terjadi. Kali terakhir momen ini terjadi pada aktris Cate Blanchett yang masuk sebagai nominasi Aktris Utama Terbaik melalui Elizabeth The Golden Age dan Aktris Pendukung Terbaik melalui I'm Not There.

Meskipun kabar ini terdengar menggembirakan, masuknya nama Scarlett Johansson dalam dua nominasi tersebut rupanya membuat pihak Academy of Motion Picture Arts and Science menuai kritikan. Pasalnya, hampir semua nominasi tersebut didominasi oleh aktris kulit putih.

Hal ini membuat Oscar 2020 dianggap tak mengusung tema keragaman yang seharusnya ditonjolkan. Kritik lain juga datang dari banyaknya film-film maupun sineas yang luput dari daftar nominasi. Tak terkecuali dominasi sutradara pria di kategori Best Director.

Namun terlepas dari hal tersebut, malam puncak ajang Academy Awards atau Oscar ke-92 sendiri rencananya akan digelar pada 10 Februari 2020 mendatang. Acara ini akan disiarkan secara langsung di saluran NBC dan kembali digelar tanpa pemandu acara seperti tahun sebelumnya.



Sumber: BeritaSatu.com