Parasite Torehkan Sejarah di Ajang SAG Awards 2020

Parasite Torehkan Sejarah di Ajang SAG Awards 2020
Pemain film Parasite, Park So Dam, Lee Sun Kyun, Choi Woo Shik, Song Kang Ho and Chang Hyae Jin menerima penghargaan Film Terbaik di Screen Actor Guild (SAG) Award 2020, di Shrine Auditorium and Expo Hall, Los Angeles, California, Minggu (19/1/2020) waktu setempat.  ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Dina Fitri Anisa / FER Senin, 20 Januari 2020 | 18:03 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Film asal Korea Selatan (Korsel), Parasite, berhasil menorehkan sejarah di Screen Actor Guild (SAG) Award ke-26.

First Media Manjakan Korean Lovers dengan tvN Movies

Film karya sutradara Bong Joon-ho itu, menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan penghargaan utama di ajang yang diselenggarakan di Shrine Auditorium and Expo Hall, Los Angeles, California, Minggu (19/1/2010) waktu setempat.

Pada ajang SAG Awards 2020, Parasite keluar sebagai pemenang dengan mengalahkan sejumlah film lainnya seperti Bombshell, The Irishman, Jojo Rabbit, dan Once Upon a Time in Hollywood.

Saat menerima piala, lima pemeran Parasite pun naik ke atas panggung. Sedangkan Bong Joon Ho, tetap duduk di bangku penonton dan merekam momen paling berbahagia di malam itu.

Once Upon a Time in Hollywood Borong Piala di CCA

"Meskipun judulnya adalah Parasite, saya pikir ceritanya tentang koeksistensi dan bagaimana kita semua bisa hidup bersama. Saya sangat tersanjung menerima penghargaan ini di depan aktor luar biasa yang saya kagumi. Saya tidak akan pernah melupakan malam yang indah ini, dan terpikir olehku bahwa mungkin kita belum membuat film yang buruk,” ungkap aktor Song Kang Ho dalam pidato singkat seperti yang dilansir dari Los Angeles Times, Senin (20/1/2020).

Kemenangan Parasite ini merupakan peristiwa besar. Pasalnya, ada stigma lama yang beredar bahwa Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artist (SAG-AFTRA) enggan dengan film-film luar negeri yang menggunakan teks terjemahan atau subtitle.

Keberhasilan ini juga semakin menguatkan posisi Parasite di ajang Oscar, dengan segudang prestasi internasional lainnya yang telah diraih.

Gara-gara Peran Joker, Joaquin Phoenix Jadi Aktor Terbaik

Sebagaimana diketahui, Parasite menjadi film Korsel pertama yang masuk dalam nominasi Best Picture Academy Awards di ajang Oscar. Total, film ini masuk dalam enam nominasi ajang penghargaan film paling bergengsi itu yakni Best Picture, Director, International Feature Film, Original Screenplay, Production Design, dan Film Editing.

Selain Parasite, dalam ajang ini penampilan cemerlang Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck dalam film Joker, membuatnya berhasil membawa pulang piala Aktor Terbaik.

Raihan ini, menyusul penghargaan serupa yang diraihnya di Golden Globes dan Critics' Choice Awards. Rasanya tak berlebihan jika aktor 45 tahun tersebut digadang-gadang bakal meraih piala serupa dalam ajang Oscar mendatang.

Tayangan Serial Drama Tiongkok Mulai Dilirik

Phoenix menyisihkan sejumlah nama besar seperti Christian Bale (Ford v Ferrari), Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time in Hollywood), Adam Driver (Marriage Story) dan Taron Egerton (Rocketman).

Dalam pidato sambutan saat menerima piala penghargaan, Phoenix justru banyak memuji para aktor yang ada di daftar nominasi, khususnya Christian Bale.



"Anda telah menjadi inspirasi selama lebih dari 25 tahun bagi saya dan banyak orang. Saya berterima kasih banyak. Saya telah menonton Anda beberapa tahun terakhir dan Anda baru saja membalikkan penampilan yang indah, luar biasa, dan mendalam, saya sangat tersentuh dengan akting Anda,” jelas Phoenix.

Tak mau ketinggalan, ada pula Renee Zellweger yang kembali dinobatkan sebagai Aktris Terbaik lewat perannya di film, Judy. Renee Zellweger tercatat berhasil mengalahkan sejumlah pesaing beratnya seperti Cynthia Erivo, Scarlett Johansson, Lupita Nyong'o, hingga Charlize Theron.

Sedangkan untuk kategori televisi, The Crown lagi-lagi berjaya dengan membawa pulang piala Outstanding Performance untuk Serial Drama Terbaik. Disusul oleh The Marvelous Mrs. Maisel sebagai Outstanding Performance untuk Serial Komedi Terbaik.

Tak cuma itu, salah satu kategori yang cukup mencuri perhatian adalah Outstanding Performance untuk Pemeran Perempuan Serial Drama Terbaik, di mana Jennifer Aniston akhirnya berhasil keluar sebagai juara.



Sumber: BeritaSatu.com