Lagu Terbaru Petra Sihombing Terinsiprasi Kemajuan Teknologi

Lagu Terbaru Petra Sihombing Terinsiprasi Kemajuan Teknologi
Petra Sihombing. ( Foto: Istimewa )
Dina Fitri Anisa / JAS Kamis, 23 Januari 2020 | 16:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pesatnya perkembangan teknologi, membuat hampir seluruh pekerjaan manusia berjalan dengan mudah. Fenomena ini pun menginspirasi musisi Petra Sihombing dalam pembuatan karya terbarunya album yang bertajuk, Semenjak Internet.

Album tersebut adalah sebuah ungkapan Petra tentang bagaimana dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di kehidupan manusia saat ini. Langkah awal dalam mewujudkan resolusinya, Petra merilis single ketiganya di 23 Januari 2020 berjudul, Canggih melalui platform digital.

Lewat lagu Canggih, Petra menggambarkan perbandingan antara teknologi yang berlari begitu pesat dengan daya gerak manusia yang hampir sulit mengejar. Untuk itulah ia mengajak siapapun yang mendengarkan lagu ini untuk berhenti sejenak dari pengejaran tersebut, dan luangkan waktu untuk mengevaluasi diri sendiri, serta menghargai sekitar.

“Di tahun 2019, gue banyak bikin karya dan juga banyak belajar. Kecanggihan teknologi bikin gue bisa lari. Musik gue jadi cepat, bahkan kolaborasi sekarang bisa lewat internet, dan itu jadi nguatin energi Aries gue yang berapi-api, kata temen gue yang suka astrologi. Untungnya, gara-gara internet, gue jadi ketemu banyak orang baru. Anehnya gue jadi keluar rumah, daripada gue yang dulu si Manusia Kasur itu,” tulisnya dalam rilis yang diterima Suara Pembaruan, Rabu (23/1).

Ia pun menambahkan, banyak hal-hal yang terjadi dalam dirinya berkat adanya internet. Meski mensyukuri kemudahan yang ditawarkan teknologi, ia tetap berharap Canggih menjadi pengingat bagi setiap individu untuk bisa beriringan dengan teknologi tanpa harus meninggalkan esensi diri sebagai manusia.

“Intinya buat pengingat kalo teknologi itu harusnya membantu kita untuk bisa lebih baik sebagai manusia. Biar kita nggak dikontrol sama teknologi,” terang pria kelahiran, 10 April 1992 ini.

Dalam lagu Canggih ini, Petra berbagi ruang notasi dan lirik bersama Sal Priadi. Petra memberi kebebasan kepada Sal untuk menuangkan ide dalam lagu ini. Proses penulisan lagu ini juga dibahas tuntas oleh Petra dan Sal ke dalam episode 1 podcast yang diberi judul, Semenjak Internet.



Sumber: Suara Pembaruan