Ustaz Yusuf Mansyur Buat "Pasukan Berzikir" 24 Jam di Rumahnya

Ustaz Yusuf Mansyur Buat
Ustaz Yusuf Mansyur ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Jumat, 24 Januari 2020 | 16:06 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Di tengah kesibukannya berdakwah, ustaz Yusuf Mansyur masih menyempatkan diri untuk menjalani kegemaran berkebun. Itu dibuktikannya  dengan membangun sebuah kebun sederhana di rumahnya. Meski tak memiliki lahan yang luas, namun ustaz Yusuf Mansyur mampu menyulap rumahnya sebagai kebun kecil.

Selain untuk mempercantik tampilan rumahnya, Yusuf Mansyur juga berusaha berkontribusi pada peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penghijauan. 

"Buat saya, aktivitas menanam itu adalah hal yang menyenangkan dan mengasyikkan untuk mengisi waktu luang. Saya memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis pohon dan buah. Hal itu saya lakukan dalam upaya mencegah ghibah dan menggunjing orang lain. Kegiatan berkebun ini bisa bermanfaat yakni selain bisa sedekah oksigen juga tanaman ini bisa jadi pasukan zikir karena mereka 24 jam bertasbih lho, ini pasukan berzikir yang Insya Allah membuat kita masuk surga," tutur Yusuf Mansyur.

Kegiatan berkebun ini juga dapat digunakan untuk bentuk rasa syukurnya kepada Allah yang menciptakan semesta alam ini.

"Dengan aktivitas ini, saya berusaha menginspirasi masyarakat di Indonesia, tembok saja bisa jadi media tanam. Ini sudah panen kangkung, bayam, segala macam. Ini saya juga mau menginspirasi Indonesia supaya jangan punya genteng, jadi atas rumah didak beton, supaya punya halaman seluas rumah," katanya.

Menurutnya menanam sayuran maupun buah bukanlah ilmu yang rumit.

"Semua sudah tersaji dengan gamblang di media sosial. Katakan ada 10 juta rumah yang atapnya berukuran minimal 100 meter persegi. Itu artinya ada tambahan lahan baru seluas 1 miliar meter persegi. Nah, kalau dimanfaatkan sebagai lahan tanaman, maka ketahanan pangan negara kita akan semakin mantap," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com