Khawatir Bahaya Virus Korona, Sederet Artis K-Pop Batalkan Tur Asia

Khawatir Bahaya Virus Korona, Sederet Artis K-Pop Batalkan Tur Asia
Boyband GOT7 asal Korea Selatan ( Foto: Istimewa )
Indah Handayani / FMB Senin, 3 Februari 2020 | 18:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Di tengah kekhawatiran yang berkembang di seluruh dunia tentang penyebaran virus korona, banyak artis atau selebriti K-pop membatalkan atau menunda pertunjukan di tur Asia Tenggara dan mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi penonton konser di wilayah tersebut.

Dikutip Billboard, Korea Selatan melaporkan 11 kasus virus yang dikonfirmasi, artis K-Pop pun mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah kerumunan berkumpul dan berpotensi mengarah ke wabah selama acara yang diadakan di seluruh negeri, dan yang lainnya di seluruh Asia.

Beberapa acara terkemuka, termasuk tiga pertunjukan stadion tur dunia GOT7 yang akan diadakan di Thailand dan Singapura bulan depan, serta acara di luar negeri oleh Taeyeon dan NCT Dream, telah ditunda. Sementara yang lain, seperti acara penandatanganan penggemar penggemar TWICE di Tokyo akan diadakan diadakan pada 1 dan 2 Februari, juga dilaporkan telah dibatalkan.

Artis-artis lain, seperti Infinite Kim Sung Kyu, mengatakan mereka akan mengambil tindakan pencegahan di tempat-tempat konser Korea Selatan mendatang untuk memastikan kesehatan para penonton, termasuk menyediakan masker wajah dan disinfektan.

Beberapa acara K-pop, seperti acara musik K-pop mingguan televisi yang akan datang dan beberapa pertunjukan untuk rilis baru, telah mengumumkan mereka akan melakukannya tanpa audiensi langsung untuk saat ini.

Big Hit Entertainment, rumah bagi BTS dan TXT, juga membatalkan rencana untuk membuka pengarahan perusahaan mendatang untuk pemirsa langsung, meskipun video itu akan dibagikan di saluran YouTube perusahaan.

"Novel coronavirus (nCoV) adalah virus baru yang pertama kali ditemukan di provinsi Wuhan di Tiongkok pada 31 Desember. Ini dapat menyebabkan kegagalan pernapasan dan menyebar dari orang ke orang. Hingga Jumat, ada lebih dari 9.800 kasus yang dikonfirmasi, hampir semuanya di Tiongkok dengan 106 kasus tersebar di 19 negara lain, termasuk di Eropa dan Amerika Utara. Ada 213 kematian akibat virus," menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Pemerintah Tiongkok telah mengkarantina sekitar 50 juta orang di Wuhan dan 15 kota lainnya di Tiongkok.

Untuk saat ini, hanya peristiwa K-pop pada Februari yang terpengaruh, tetapi tidak jelas masalah kesehatan terhadap virus akan berdampak pada beberapa peristiwa besar di masa depan, termasuk promosi untuk rilis BTS 21 Februari mendatang, yaitu Map of the Soul: 7. Serta penampilan debut dari boyband YG Entertainment, Treasure.



Sumber: Billboard