Figur Publik Indonesia Galang Dana untuk Antisipasi Corona

Figur Publik Indonesia Galang Dana untuk Antisipasi Corona
Melanie Subono ( Foto: istimewa )
Dina Fitri Anisa / EAS Rabu, 18 Maret 2020 | 20:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Beberapa figur publik Tanah Air mulai melancarkan aksi galang dana untuk membantu pemerintah mengatasi wabah corona. Tercatat hingga Rabu (18/3/2020), jumlah kasus mencapai 172 penderita. Berkaca dari hal tersebut Nikita Mirzani, Rachel Vennya, Atta Halilintar, Melanie Subono, dan Uya Kuya bahu-membahu menggalang dana dan membagi-bagikan masker untuk memutus mata rantai penyebaran corona.

Influencer Rachel Vennya melalui platform Kitabisa.com terbukti mampu mengumpulkan dana hingga Rp 2,2 miliar. Dengan menggaungkan tema "Tolong Menolong Lawan Covid-19", per Rabu (18/3/2020), angka donasi sudah melampaui target yang ingin dicapai dari sekitar 56.000 donatur.

Rachel mengaku sangat bersyukur karena ajakan untuk berbuat kebaikan yang ia lakukan mendapat respons positif dari masyarakat. Bahkan, ia sempat meneteskan air mata saat mengetahui bahwa nilai donasi yang terbilang cukup besar itu terkumpul dalam waktu yang sangat singkat.

Dana yang sudah dikumpulkan nantinya akan diberikan ke beberapa rumah sakit rujukan penanganan virus korona yang disebutkan pemerintah. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pembelian alat perlindungan diri (APD) untuk pasien dan tenaga medis yang bertugas.

"Saat ini, kita bakal menyalurkan bantuan ADP ke delapan rumah sakit, seperti RS Persahabatan, Fatmawati, Pasar Minggu, Sulianti Saroso, Gatot Soebroto, Mintoharjo, Bhayangkara, dan RSUD Cengkareng. Aku percaya donasi ini salah satu cara positif yang bisa kita lakukan. Terakhir aku sama Kitabisa.com masih terima DM atau info rumah sakit yang butuh alat perlindungan," tuturnya.

Tidak hanya Rachel, artis sekaligus Youtuber Atta Halilintar juga mengajak masyarakat untuk berdonasi. Hingga hari Rabu (18/3), donasi yang dikumpulkan Atta sudah mencapai angka Rp 63 juta. Namun jumlah tersebut belum setengah dari target dana yang ia ingin capai yaitu Rp 150 juta. 

Tidak ketinggalan dengan Atta dan Rachel, Nikita Mirzani ikut melakukan aksi nyata untuk membantu pemerintah tangani penyebaran virus korona di Indonesia. Nikita Mirzani mengunggah video ucapan syukurnya yang tengah berulang tahun ke-34. Dalam video tersebut Nikita membuat pengumuman akan menyumbangkan uang pribadinya sebesar Rp 100 juta.

Masker Gratis
Di tempat terpisah penyanyi Melanie Subono ikut beraksi membagikan masker secara gratis. Melalui akun Instagram miliknya, @melaniesubono, ia mengajak masyarakat Indonesia untuk membagi-bagikan masker secara gratis bagi mereka yang membutuhkan.

Sedangkan pembawa acara Uya Kuya pun melakukan hal bijak dalam membantu pencegahan virus korona di Indonesia. Uya Kuya memutuskan untuk menjual masker dengan harga yang murah. Ia menjual masker seharga Rp 2.000 per buah.



Sumber: BeritaSatu.com