Gelang Harapan dan Aksimuda Bantu Sektor Informal yang Terdampak Covid-19

Gelang Harapan dan Aksimuda Bantu Sektor Informal yang Terdampak Covid-19
Sejumlah artis yang tergabung dalam Aksi Harapan, sebuah gerakan sosial hasil kerja sama komunitas Aksi Muda dan Gelang Harapan, ikut membantu penggalangan dana untuk sektor informal yang terdampak wabah Covid-19. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Selasa, 7 April 2020 | 20:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gerakan sosial yang diinisiasi oleh artis Wulan Guritno, Amanda Soekasah, dan Janna Soekasah Joesoef atau dikenal dengan nama Gelang Harapan, bekerja sama dengan Aksimuda memprakarsai aksi sosial untuk membantu sektor informal yag terkena imbas dari pandemi virus corona (Covid-19).

Aksi sosial yang diberi nama Aksi Harapan itu menggandeng sejumlah artis dan pesohor, seperti Shaloom Razade, Jefri Nichol, Fachri Albar, Lukman Sardi, Chicco Jerikho, Aimee Saras, dan Tara Budiman, yang mempunyai kesamaan visi.

“Kami berharap, Aksi Harapan ini dapat optimal membantu penggalangan dana untuk mereka yang sangat membutuhkan dan kami akan menjalankan amanah dari #Temanaksimuda dengan sebaik baiknya” kata Kristina Dartiani, Chief Marketing Officer (CMO) Aksimuda dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Menurut Kristina, Aksimuda bekerja sama dengan Gelang Harapan karena ada persamaan visi dan misi dalam menjalankan aksi sosial. Mereka sama-sama tergerak untuk membantu dan menyalurkan bantuan kepada penerima manfaat, seperti sopir taksi, pengemudi ojek online (ojol), pedagang kaki lima, dan pekerja informal lainnya yang terkena imbas dari Covid-19.

“Bantuan akan diberikan dalam bentuk sembako di wilayah Jabodetabek dan menyusul di beberapa kota lainnya,” kata Kristina.

Para pekerja informal itu, kata dia, adalah orang-orang yang paling merasakan dampak dari wabah Covid-19, karena mereka tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pengemudi ojol sepi penumpang dan pedagang kaki lima sepi pembeli. Bahkan, tidak sedikit pedagang kaki lima yang terpaksa menutup dagangan mereka karena Covid-19 ini.

Aksimuda, jelasnya, akan terus beraksi dan mengajak masyarakat serta institusi terkait untuk bahu membahu berpartisipasi dalam aksi sosial ini. Gerakan sosial ini juga akan berupaya sebaik-baiknya menerbarkan kebaikan dan menggalang donasi sesuai dengan program yang dipilih oleh para donatur.

Wakil Gelang Harapan, Wulan Guritno berharap, melalui kampanye Aksi Harapan semakin banyak masyarakat yang terbantu.

“Misalnya, pekerja harian atau pekerja informal yang terkena imbas Covid-19. Kami mengimbau mereka untuk tetap tinggal di rumah saja agar penyebaran virus tidak semakin meluas. Kami juga mengajak masyarakat untuk membantu melalui kampanye ini,” kata Wulan Guritno.

Aksimuda.id adalah platform penggalang dana (crowdfunding) dan kolaborasi social-crowdfunding, yayasan, media, institusi dan masyarakat untuk menggalang donasi kemanusiaan dan lingkungan secara daring dan tepat sasaran. Aksimuda berdiri pada akhir 2019 sebagai wujud kepedulian anak muda terhadap berbagai permasalahan akibat kemiskinan di Indonesia.

Aksimuda akan terus berusaha untuk menciptakan perubahan yang lebih baik bagi Indonesia dan dunia melalui aksi kepedulian membantu sesama tanpa mengenal perbedaan agama dan budaya.



Sumber: BeritaSatu.com