Konser Virtual "Bang Bang Con" BTS Tarik 50,6 Juta Penonton

Konser Virtual
Boyband Korea, BTS, pertama kalinya tampil di ajang Grammy Awards 2020, Minggu 26 Januari waktu setempat. (Foto: istimewa)
Jeany Aipassa / JAI Senin, 20 April 2020 | 19:02 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Konser virtual grup vokal BTS asal Korea Selatan bertajuk "Bang Bang Con" yang ditayangkan pada 18-19 April 2020, menarik sekitar 50,59 juta penonton.

Acara streaming selama hampir 24 jam tersebut, menawarkan kesempatan kepada fan BTS untuk menikmati sejumlah  pertunjukan besar grup vokal tersebut di berbagai negara dan konten acara yang melibatkan ketujuh personelnya, yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimmin, V, dan Jungkook.

Agensi BTS, Big Hit Entertainment, menawarkan konser tersebut secara gratis untuk memberi hiburan kepada para fan BTS di seluruh dunia, selama periode karantina untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Sebelumnnya, Big Hit Entertainment menjual konten rekaman konser dan acara reality show yang melibatkan personel BTS, antara lain Run BTS dan Bon Voyage. Namun seiring dengan wabah Covid-19, Big Hit Entertainment, menampilkan Bang Bang Con secara streaming di saluran Youtube resminya, BANGTAN TV, pada 18-19 April 2020.

Konser yang disiarkan selama acara "Bang Bang Con" adalah, BTS LIVE 2015 [The Most Beautiful Moment in Life], On Stage BTS LIVE 2016 [The Most Beautiful Moment in Life: Epilogue], BTS 2014 LIVE TRILOGY: EPISODE II The Red Bullet (2014 Memories), dan BTS 3RD MUSTER [ARMY.ZIP+], pada 18 April 2020.

Selanjutnya pada 19 April 2020, konser yang ditayangkan adalah 2017 BTS LIVE TRILOGY EPISODE III THE WINGS TOUR IN SEOUL, 2017 BTS LIVE TRILOGY EPISODE III WINGS TOUR THE FINAL (2017 Memories), BTS 4th MUSTER [HAPPY EVER AFTER], dan BTS WORLD TOUR 'LOVE YOURSELF' SEOUL

Konvensi virtual menunjukkan acara "Bang Bang Con" mengumpulkan 50,59 juta total penonton. Bahkan pada pada puncak penayangannya, acara itu mencapai penonton secara bersamaan sebanyak 2,24 juta.

Bukan hanya pemirsa pasif, penggemar juga dapat berinteraksi melalui media sosial WeVerse dan Twitter selama acara, dan melibatkan sekitar 6,46 juta penonton. Pasalnya, Big Hit Entertainment menerapkan teknologi yang mengubah warna tongkat cahaya tergantung pada sinyal audio video ketika dihubungkan dalam mode Bluetooth sedemikian rupa, sehingga penonton yang mendengarkan melalui platform komunitas Weverse merasa seolah-olah mereka hadir dalam konser BTS dan bersorak bersama.



Sumber: Korea Now/Soompi