Empat Idol K-Pop Ini Kunjungi Itaewon Saat Ditetapkan Jadi Kluster Covid-19

Empat Idol K-Pop Ini Kunjungi Itaewon Saat Ditetapkan Jadi Kluster Covid-19
Jeon Jung-kook BTS (kiri atas), Cha Eun-woo Astro (kanan atas), Jung Jae-hyun NCT 127 (kiri bawah), dan Kim Min-gyu Seventeen (kanan bawah). Mereka dikenal sebagai penyanyi grup K-Pop yang bersahabat meski berbeda-beda agensi dan dijuluki "Line 97 Idol K-Pop" karena sama-sama kelahiran Tahun 1997. ( Foto: Istimewa )
Jeany Aipassa / JAI Senin, 18 Mei 2020 | 14:32 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Empat Idol K-Pop ganteng yang tergabung dalam grup persahabatan "Line 97" dilaporkan telah mengunjungi beberapa restoran dan bar di kawasan Itaewon yang telah ditetapkan sebagai kluster baru penyebaran virus corona (Covid-19).

Pada Senin (18/5/2020), media selebriti Korea Selatan (Korsel) terpercaya, Dispatch, melaporkan Jeon Jung-kook (Jungkook) dari boy group BTS, Cha Eun-woo (Eunwoo) dari boy group Astro, Jeong Jae-hyun (Jaehyun) dari boy group NCT 127, dan Kim Min-gyu (Mingyu) dari boy group Seventeen, telah menghabiskan waktu bersama di dua restoran dan salah satu tempat hiburan di Itaewon pada 25 April 2020 malam hingga 26 April 2020 dini hari. 

Dalam laporan itu, Dispatch menyebutkan Jungkook, Eunwoo, Jaehyun dan Mingyu berkumpul di Itaewon untuk melakukan "gathering 97", merujuk pada grup persahabatan mereka yang dijuluki para fan sebagan "Line 97 Idol K-Pop". 

"Mereka menghabiskan awal liburan emas (24 April - 5 Mei) di Itaewon, ulai dari malam tanggal 25 April hingga fajar tanggal 26 April 2020," tulis Dispatch.

Berita mengenai kunjungan keempat idol K-Pop ke Itaewon yang merupakan pusat hiburan dan kawasan internasional di Korsel itu, langsung menggemparkan dunia K-Pop dan media sosial.

Pasalnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) sudah menetapkan Itaewon sebagai kluster baru penyebaran Covid-19, setelah menemukan salah satu pengunjung terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien tersebut diketahui telah mengunjungi setidaknya lima fasilitas hiburan di Itaewon, sehingga KDKC berusaha melacak lebih dari 5.500 orang yang mengunjungi kelab dan bar itu dari 24 April 2020 hingga 6 Mei 2020. Warga dan pengunjung di kawasan Itaewon juga disarankan untuk melakukan tes Covid-19, baik menunjukkan atau tidak menunjukkan gejala sakit.

Mencuat

Kabar mengenai keberadaan idol K-Pop di kawasan Itaewon pada akhir April 2020 sempat mencuat beberapa waktu lalu, namun tak ada satu idol ataupun pihak agensi yang mengkonfirmasi, hingga Dispatch memberitakannya. 

Laporan tersebut sekaligus mengonfirmasi keberadaan empat idol K-Pop, yakni Jungkook, Eunwoo, Jaehyun, dan Mingyu, pada 25 April 2020, lengkap dengan sketsa peta Itaewon dan nama tempat hiburan yang mereka kunjungi, disertai keterangan saksi.

Jungkook, Eunwoo, Jaehyun, dan Mingyu dilaporkan tidak mengunjungi tempat hiburan yang telah dikunjungi oleh pasien Covid-19 di kawasan Itaewon, dan telah melakukan tes Covid-19 yang semua hasilnya negatif.

Namun karena mempertimbangkan masa inkubasi Covid-19, mereka telah diminta untuk berhati-hati menjaga kondisi dan mengurangi interaksi dengan banyak orang setidaknya selama 2 minggu, hingga 10 Mei 2020. 

Masalahnya, beberapa idol K-Pop ini telah menghadiri beberapa acara televisi rutin dan kegiatan comeback mereka melalui peluncuran album baru.

Eunwoo telah memulai kegiatan comeback-nya bersama Astro dan muncul di beberapa acara televisi seperti "Cultwo Show" dan "Hidden Track" pada 7 Mei 2020. Selain itu, Eunwoo juga muncul di acara "Music Bank", dan "Show! Music Core" pada 8 Mei 2020 dan 9 Mei 2020.

Jaehyun NCT 127, juga melakukan kegiatan sebagai MC acara "Popular Song", di mana pada 26 April 2020, 3 Mei 2020, dan 10 Mei 2020 dia melakukan siaran live. Sedangkan Jungkook dan Mingyu diketahui tidak memiliki jadwal acara eksternal.

Dispatch menyatakan telah berupaya melakukan konfirmasi terhadap agensi dari keempat idol tersebut, namun karena alasan privasi sampai berita diturunkan belum ada jawaban atau konfirmasi dari pihak agensi para idol.

Jungkook BTS berada di bawah naungan agensi Big Hit Entertainmet (BigHit), Eunwoo Astro dinaungi agensi Fantagio, Jaehyun NCT 127 merupakan asuhan SM Entertainment, dan Mingyu Seventeen dinaungi Pledis Entertainment.



Sumber: Korea Dispatch, Soompi, Suara Pembaruan