BigHit Minta Maaf dan Akui Jungkook BTS Kunjungi Itaewon

BigHit Minta Maaf dan Akui Jungkook BTS Kunjungi Itaewon
Jeon Jung-kook (Jungkook) BTS ( Foto: Istimewa )
Jeany Aipassa / JAI Senin, 18 Mei 2020 | 15:57 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Agensi Big Hit Etertainment (BigHit) yang menaungi boy group K-Pop terkenal BTS, meminta maaf dan mengonfirmasi Jeon Jung-kook (Jungkook) telah mengunjungi kawasan Itaewon, saat larangan jarak sosial terkait penyebaran virus corona (Covid-19).

Konfirmasi dari BigHit dirilis pada Senin (18/5/2020), beberapa saat setelah Korea Dispatch memberitakan soal empat idol K-Pop yang dijuluki "Line 97 Idol K-Pop" terkonfirmasi mengunjungi kawasan Itaewon pada 25 April 2020 malam hingga 26 April 2020 dini hari.

Keempat idol K-Pop tersebut adalah Jeon Jung-kook BTS, Cha Eun-Woo (Eunwo) dari boy group Astro, Jeong Jae-hyun (Jaehyun) dari boy group NCT 127, dan Kim Min-gyu (Mingyu) dari boy group Seventeen.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) telah menetapkan Itaewon sebagai kluster baru penyebaran Covid-19, setelah menemukan salah satu pengunjung terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien tersebut diketahui telah mengunjungi setidaknya lima fasilitas hiburan di Itaewon, sehingga KCDC berusaha melacak lebih dari 5.500 orang yang mengunjungi kelab dan bar di kawasan itu, dari 24 April 2020 hingga 6 Mei 2020.

Warga dan pengunjung di kawasan Itaewon diwajibkan menjaga jarak sosial dan juga disarankan melakukan tes Covid-19, baik menunjukkan atau tidak menunjukkan gejala sakit.

Dalam surat terbuka, BigHit menyampaikan permintaan maaf atas pengakuan yang terlambat mengenai kunjungan Jungkook ke kawasan Itaewon. BigHit mengakui, sejak minggu lalu mendapat banyak pertanyaan media tentang hal itu, namun mereka tidak memberikan respon karena ada beberapa masalah.

"Memang benar bahwa Jungkook mengunjungi Itaewon. Namun, pada saat kunjungan, Jungkook tidak pergi ke tempat di mana adanya pasien yang dikonfirmasi pada awal Mei," bunyi pernyataan BigHit.

Agensi menyatakan pada 25 April 2020, Jungkook mengunjungi sebuah restoran dan bar di Itaewon bersama beberapa temannya. Setelah kunjungan, tidak ada gejala Covid-19 seperti batuk dan demam, namun Jungkook telah mengikuti tes Covid-19 secara sukarela sesuai pedoman pemerintah dan telah dinyatakan negatif.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, BigHit memutuskan bahwa tidak tepat untuk mengungkapkan kehidupan sehari-hari pribadi artisnya kepada publik.

Namun penilaian ini tidak memiliki alasan, karena tidak secara jelas mengakui keseriusan aturan jarak sosial terkait Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah, khususnya di kawasan Itaewon yang menjadi kluster baru penyebaran virus itu.

"Sebagai agensi artis, yang menempatkan lebih banyak perlindungan pada privasi artis, kami menundukkan kepala untuk kalian semua dan meminta maaf," bunyi rilis BigHit.

Merenungkan

Lewat rilis tersebut, BigHit mengungkapkan bahwa saat ini, Jungkook sangat merenungkan fakta bahwa ia tidak dengan setia berpartisipasi dalam semua upaya pencegahan penyebaran Covid-19 untuk menjaga jarak sosial.

Big Hit juga berkomitmen akan melakukan yang terbaik untuk mengikuti pedoman dan tindakan pencegahan Covid-19, termasuk mengawasi dan melindungi artis di bawah naungan agensi.

"Kami akan lebih teliti untuk mencegah hal ini terjadi lagi. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan bagi penggemar dan orang lain," demikian pernyataan BigHit.

Kabar mengenai kunjungan Jungkook BTS dan tiga idol K-Pop yang dijuluki "Line 97 Idol K-Pop", yakni Eunwoo Astro, Jaehyun NCT 127 dan Mingyu Seventeen dilaporkan oleh media selebriti terpercaya, Korea Dispatch, pada Senin (18/5/2020) pagi waktu setempat. 

Dispatch menyebutkan Jungkook, Eunwoo, Jaehyun dan Mingyu berkumpul di Itaewon untuk melakukan "gathering 97", merujuk pada grup persahabatan mereka yang dijuluki para fan sebagan "Line 97 Idol K-Pop".

"Mereka menghabiskan awal liburan emas (24 April - 5 Mei) di Itaewon, ulai dari malam tanggal 25 April hingga fajar tanggal 26 April 2020," tulis Dispatch.

Berita mengenai kunjungan keempat idol K-Pop ke Itaewon yang merupakan pusat hiburan dan kawasan internasional di Korsel itu, langsung menggemparkan dunia K-Pop dan media sosial.

Jungkook dikenal sebagai maknae (anggota termuda) grup BTS, yang kerap membuat trending di media sosial, lewat cover musik, model rambut, dan pakaian yang digunakannya. Dia dijuluki sebagai "Raja Soldout" karena hampir semua barang yang digunakannya, baik jaket, celana olah raga, bahkan sikat gigi, selalu diburu fan dan habis terjual. 



Sumber: Soompi, Allkpop, Suara Pembaruan