Agensi Sebut Cha Eun-woo Gegabah Kunjungi Itaewon

Agensi Sebut Cha Eun-woo Gegabah Kunjungi Itaewon
Cha Eun-woo (Eunwoo) Astro ( Foto: Istimewa )
Jeany Aipassa / JAI Senin, 18 Mei 2020 | 16:37 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Fantagio Co. Ltd (Fantagio), agensi yang menaungi boy group K-Pop Astro, mengatakan Cha Eun-woo telah bertindak gegabah dengan mengunjungi restoran dan bar di kawasan Itaewon yang telah ditetapkan sebagai kluster baru penyebaran virus corona (Covid-19).    

Pernyataan itu, disampaikan Fantagio dalam surat terbuka pada Senin (18/5/2020), yang sekaligus mengonfirmasi berita Korea Dispatch mengenai kunjungan Cha Eun-woo (Eunwoo) bersama beberapa anggota "Line 97 Idol K-Pop" pada 25 April 2020 malam hingga 26 April 2020 dini hari.

"Halo, ini Fantagio. Dipastikan bahwa Cha Eun-woo memang pergi ke Itaewon pada 25 April. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kelalaian kami menepati janji jarak sosial dengan semua orang dalam situasi pandemi (Covid-19)," bunyi pernyataan Fantagio.

Fantagio menjelaskan, Eunwoo dan sahabatnya tidak pergi ke tempat yang telah dikunjungi seorang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, pada awal Mei 2020.

Pada Senin (18/5/2020) pagi, Korea Dispatch memberitakan soal empat idol K-Pop yang dijuluki "Line 97 Idol K-Pop" terkonfirmasi mengunjungi kawasan Itaewon pada 25 April 2020 malam hingga 26 April 2020 dini hari.

Keempat idol K-Pop tersebut adalah Jeon Jung-kook BTS, Cha Eun-Woo (Eunwo) dari boy group Astro, Jeong Jae-hyun (Jaehyun) dari boy group NCT 127, dan Kim Min-gyu (Mingyu) dari boy group Seventeen.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) telah menetapkan Itaewon sebagai kluster baru penyebaran Covid-19, setelah menemukan salah satu pengunjung terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien tersebut diketahui telah mengunjungi setidaknya lima fasilitas hiburan di Itaewon, sehingga KCDC berusaha melacak lebih dari 5.500 orang yang mengunjungi kelab dan bar di kawasan itu, dari 24 April 2020 hingga 6 Mei 2020.

Warga dan pengunjung di kawasan Itaewon diwajibkan menjaga jarak sosial dan juga disarankan melakukan tes Covid-19, baik menunjukkan atau tidak menunjukkan gejala sakit.

Menghubungi KCDC

Fantagio mengungkapkan, agensi telah menghubungi KCDC mengenai prosedur yang harus dilakukan Eunwoo terkait kunjungannya ke Itaewon, dan menerima jawaban bahwa tes Covid-19 bukan rekomendasi wajib jika tidak ada gejala sakit.

Meski demikian, atas alasan kesehatan dan keselamatan Eunwoo maupun para seniman lain yang berinteraksi dengannya,  Eunwoo telah melakukan tes Covid-19 secara sukarela di klinik kesehatan dan dinyatakan negatif.

"Tapi apapun alasannya, itu adalah tindakan gegabah oleh Cha Eun-woo, seorang seniman negara saat ini, di mana semua orang telah berusaha menjaga jarak sosial dekat Itaewon," bunyi pernyataan Fantagio.

Menutup surat terbukanya, Fantagio berjanji untuk megawasi dan memastikan semua artis di agensinya secara ketat mematuhi aturan pencegahan penyebaran Covid-19 dan melakukan segala upaya untuk mencegah hal-hal seperti itu terjadi lagi.

"Sekali lagi, kami mohon maaf telah menyebabkan kekhawatiran," demikian pernyataan Fantagio.

Eunwoo menjadi salah satu idol yang disorot terkait kabar kunjungannya ke Itaewon. Meski telah melalui tes dan dinyatakan negatif Covid-19, namun karena mempertimbangkan masa inkubasi virus, para idol disarankan berhati-hati menjaga kondisi dan mengurangi interaksi dengan banyak orang setidaknya selama 2 minggu, hingga 10 Mei 2020.

Masalahnya, Eunwo telah menghadiri beberapa acara televisi rutin dan kegiatan comeback album terbaru Astro. Eunwoo telah memulai kegiatan comeback-nya bersama Astro dan muncul di beberapa acara televisi seperti "Cultwo Show" dan "Hidden Track" pada 7 Mei 2020. Selain itu, Eunwoo juga muncul di acara "Music Bank", dan "Show! Music Core" pada 8 Mei 2020 dan 9 Mei 2020.

Eunwoo adalah salah satu idol K-Pop muda yang bersinar, karena tak hanya berwajah ganteng tetapi juga berprestasi secara akademik sehingga dijuluki "face genius". Dia juga memiliki kemampuan akting dan telah beberapa kali bermain drama, salah satu yang mengharumkan namanya adalah ketika menjadi pemeran utama di "Rocky Historian Go Hae-ryung", pada 2019.



Sumber: Allkpop, Soompi, Suara Pembaruan