Jaehyun NCT 127 Sangat Menyesal Kunjungi Itaewon Saat Pandemi Covid-19

Jaehyun NCT 127 Sangat Menyesal Kunjungi Itaewon Saat Pandemi Covid-19
Jeong Jae-hyun (Jaehyun) NCT 127 ( Foto: Istimewa )
Jeany Aipassa / JAI Senin, 18 Mei 2020 | 19:35 WIB

Seoul, Beritasatu.com - SM Entertainment, agensi yang menaungi boy group K-Pop NCT 127, mengatakan Jeong Jae-hyun sangat menyesal telah mengunjungi kawasan Itaewon dan mengabaikan larangan jarak sosial terkait pandemi virus corona (Covid-19).

Pernyataan itu, disampaikan SM Entertainment pada Senin (18/5/2020), menanggapi pemberitaan media Korea Dispatch tentang kunjugan yang dilakukan Jeong Jae-hyun (Jaehyun) bersama tiga sahabatnya yang dijuluki "Line 97 Idol K-Pop", ke restoran dan bar di kawasan Itaewon, yang telah ditetapkan pemerintah sebagai kluster baru penyebaran Covid-19.

Dalam surat terbuka yang dipublikasikan, SM Entertainment menyampaikan permohon maaf atas masalah yang dilakukan Jaehyun, di tengah situasi di mana banyak orang berjuang melawan Covid-19. SM Entertainment mengonfirmasi bahwa Jaehyun telah mengunjungi Itaewon bersama teman-temannya.

"Pada 25 April, Jaehyun mengunjungi sebuah restoran dan bar di Itaewon bersama teman-temannya, tetapi ia tidak pergi ke klub khusus, dan kunjugan itu terjadi 7 hari sebelum pasien yang pergi ke Itaewon dikonfirmasi (positif Covid-19, red)," bunyi pernyataan SM Entertainment.

Pada Senin (18/5/2020) pagi, Korea Dispatch memberitakan soal empat idol K-Pop yang dijuluki "Line 97 Idol K-Pop" terkonfirmasi mengunjungi kawasan Itaewon pada 25 April 2020 malam hingga 26 April 2020 dini hari.

Keempat idol K-Pop tersebut adalah Jeon Jung-kook dari boy group BTS, Cha Eun-Woo (Eunwo) dari boy group Astro, Jeong Jae-hyun (Jaehyun) dari boy group NCT 127, dan Kim Min-gyu (Mingyu) dari boy group Seventeen.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) telah menetapkan Itaewon sebagai kluster baru penyebaran Covid-19, setelah menemukan salah satu pengunjung terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien tersebut diketahui telah mengunjungi setidaknya lima fasilitas hiburan di Itaewon, sehingga KCDC berusaha melacak lebih dari 5.500 orang yang mengunjungi kelab dan bar di kawasan itu, dari 24 April 2020 hingga 6 Mei 2020.

Warga dan pengunjung di kawasan Itaewon diwajibkan menjaga jarak sosial dan juga disarankan melakukan tes Covid-19, baik menunjukkan atau tidak menunjukkan gejala sakit.

Menyesali

SM Entertainment menyatakan Jaehyun sangat menyesali mengapa dia tidak berhati-hati dan tidak memperhatikan larangan jarak sosial terkait pandemi Covid-19.

"Dia sangat merenungkan tindakannya yang dia tidak berhati-hati. Jaehyun sangat merefleksikan apa yang tidak dia perhatikan selama periode ketika semua orang seharusnya menahan diri dari pertemuan biasa dan menjaga jarak sosial," ungkap SM Entertainment.

Lewat surat terbuka itu, SM Entertainment yang merupakan salah satu agensi idol K-Pop terbesar di Korea tersebut, juga menyatakan bahwa Jaehyun telah menjalani tes Covid-19 secara suka rela dan dinyatakan negatif.

SM Entertainment menyatakan peristiwa ini menjadi pelajaran berarti dan berjanji akan membimbing dan mengelola seniman di bawah asuhannya untuk menjaga jarak sosial mereka, bahkan ketika sedang menjalani waktu pribadi atau hari libur dari kegiatan agensi.

"Kami sangat meminta maaf atas kekurangan tersebut. Di masa depan, kami akan melakukan lebih banyak upaya untuk mengelola artis sehingga hal seperti ini tidak terjadi lagi. Sekali lagi, kami meminta maaf karena telah membuat keprihatinan para penggemar kami dan banyak orang lainnya," bunyi pernyatan SM Entertainment.

Jaehyun menjadi salah satu idol yang disorot terkait kabar kunjungannya ke Itaewon. Meski telah melalui tes dan dinyatakan negatif Covid-19, namun karena mempertimbangkan masa inkubasi virus, para idol disarankan berhati-hati menjaga kondisi dan mengurangi interaksi dengan banyak orang setidaknya selama 2 minggu, hingga 10 Mei 2020.

Masalahnya, Jaehyun sedang menjalani kegiatan comeback seiring peluncuran album baru bertajuk NCT #127 Neo Zone: The Final Round, di mana single jagoannya dengan judul "Kick It" telah diluncurkan pada Maret 2020 dan menjadi tending di Youtube.

Selain itu, Jaehyun juga melakukan kegiatan sebagai MC acara "Popular Song", di mana pada 26 April 2020, 3 Mei 2020, dan 10 Mei 2020 dia melakukan siaran live.



Sumber: Korea Dispatch, Soompi, Suara Pembaruan