Mingyu Seventeen Mengurung Diri Pascakasus Covid-19 Itaewon

Mingyu Seventeen Mengurung Diri Pascakasus Covid-19 Itaewon
Kim Min-gyu (Mingyu) Seventeen ( Foto: Istimewa )
Jeany Aipassa / JAI Senin, 18 Mei 2020 | 20:56 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Pledis Entertainment (Pledis), agensi yang menaungi boy group K-Pop Seventeen, mengungkapkan Kim Min-gyu mengurung diri pascatemuan kasus virus corona (Covid-19) di kawasan Itaewon.

Pernyataan itu disampaikan Pledis pada Senin (18/5/2020), menanggapi pemberitaan media Korea Dispatch tentang kunjugan yang dilakukan Kim Ming-gyu (Mingyu) bersama tiga sahabatnya yang dijuluki "Line 97 Idol K-Pop", ke restoran dan bar di kawasan Itaewon, pada 25 April 2020.

Dalam pernyataan resmi yang dipublikasikan, Pledis mengungkapkan bahwa tindakan Mingyu merefleksikan kelakuan buruknya karena telah gagal menjaga norma-norma selama pemberlakuan jarak sosial oleh pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Pada Senin (18/5/2020) pagi, Korea Dispatch memberitakan soal empat idol K-Pop yang dijuluki "Line 97 Idol K-Pop" terkonfirmasi mengunjungi kawasan Itaewon pada 25 April 2020 malam hingga 26 April 2020 dini hari.

Keempat idol K-Pop tersebut adalah Jeon Jung-kook dari boy group BTS, Cha Eun-Woo (Eunwo) dari boy group Astro, Jeong Jae-hyun (Jaehyun) dari boy group NCT 127, dan Kim Min-gyu (Mingyu) dari boy group Seventeen.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) telah menetapkan Itaewon sebagai kluster baru penyebaran Covid-19, setelah menemukan salah satu pengunjung terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasien tersebut diketahui telah mengunjungi setidaknya lima fasilitas hiburan di Itaewon, sehingga KCDC berusaha melacak lebih dari 5.500 orang yang mengunjungi kelab dan bar di kawasan itu, dari 24 April 2020 hingga 6 Mei 2020.

Warga dan pengunjung di kawasan Itaewon diwajibkan menjaga jarak sosial dan juga disarankan melakukan tes Covid-19, baik menunjukkan atau tidak menunjukkan gejala sakit.

Berinisiatif

Pledis menyatakan, setelah mengetahui tentang kasus Covid-19 terkonfirmasi dari seorang pasien yang mengunjungi kawasan Itaewon, Mingyu langsung berinisiatif melakukan tes Covid-19 secara suka rela, meskipun tidak ada gejala sakit seperti batuk dan demam. Dia juga mengkonfirmasi kunjungan ke Itaewon dalam periode tersebut ke KCDC.

"Minggyu secara suka rela melakukan tes (Covid-19, Red) di klinik karena dia khawatir akan melukai orang-orang di sekitarnya dan dia telah sepenuhnya mengurung diri, melakukan pengendalian diri, dan aturan kebersihan pribadi, meskipun hasil tesnya negatif," bunyi pernyataan Pledis.

Melalui pernyataan itu, Pledis mengakui bertanggung-jawab atas kelalaian dalam mengawasi artisnya. "Kami sangat bertanggung jawab atas kenyataan bahwa hal semacam ini telah terjadi karena kami belum mengelola artis dengan benar. Dan kami berjanji bahwa ke depan kami akan memperhatikan artis untuk meningkatkan kesadaran akan aturan kebersihan pribadi dan jarak sosial dan untuk mentaati peraturan yang berlaku," bunyi pernyataan Pledis.

Menutup pernyataannya, Pledis juga menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada penggemar dan semua pihak yang dikhawatirkan dengan tindakan Mingyu tersebut.

"Kami dengan tulus meminta maaf karena menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran kepada para penggemar yang menunjukkan kasih sayang dan dukungan kepada Mingyu," ujar Pledis.

Mingyu menjadi salah satu idol yang disorot terkait kabar kunjungannya ke Itaewon. Meski telah melalui tes dan dinyatakan negatif Covid-19, namun karena mempertimbangkan masa inkubasi virus, para idol disarankan berhati-hati menjaga kondisi dan mengurangi interaksi dengan banyak orang setidaknya selama 2 minggu, hingga 10 Mei 2020.

Minggyu merupakan idol K-Pop yang cukup akrab dengan fan K-Pop di Indonesia. Saat grup Seventeen menggelar konser di Jakarta pada November 2019, Mingyu bersama dua rekannya, yaitu Seungkwan dan Vernon, sempat berjalan-jalan di Taman Menteng, Jakarta Pusat.

Dia bahkan mengabadikan banyak gambar suasana selama di Jakarta, termasuk ketika melewati Bundaran Hotel Indonesia, hingga berakhir di Taman Menteng, di mana teman-temannya antusias bermain voli bersama warga di lapangan voli yang ada di taman itu.

Video hasil rekaman Mingyu yang diunggah di kanal YouTube resmi Seventeen, pada Kamis (30/4/2020), menjadi viral dan dan banyak dikomentari warga net Indonesia.

Berikut video ketika Mingyu berada di Indonesia:



Sumber: Korea Dispatch, Allkpop, Suara Pembaruan