Selama Pandemi, Otti Jamalus Produktif di Rumah

Selama Pandemi, Otti Jamalus Produktif di Rumah
Otti Jamalus (Foto: SP/Dina Fitri Anisa / Istimewa)
Dina Fitri Anisa / EAS Kamis, 28 Mei 2020 | 22:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pada masa pandemi saat ini, pemerintah mulai menggaungkan kampanye #produktifdirumah. Kampanye ini pun mendapat respons positif dari seorang penyanyi jaz senior, Otti Jamalus. Melalui kanal YouTube Budaya Saya, ia pun memberikan kiat pada masyarakat untuk bisa belajar musik selama berada di rumah.

Mengawali karier di bidang jaz sejak 1990, Otti pun belajar dari pengalaman, bahwa sebagai penampil salah satu bekal yang harus selalu dijaga adalah stamina. Ia berucap, ketika seseorang memiliki stamina yang baik, maka penampilannya pun akan mendapat apresiasi dari para penontonnya.

“Kita harus terlihat fresh dan energetik, supaya penonton juga senang. Satu lagi, dari seorang penyanyi dan pemain band penting untuk menjaga pernapasan, artikulasi, stamina, dan nadanya. Terlebih, jika sang penyanyi ingin memperlihatkan koreografi yang luar biasa,” jelasnya dalam diskusi virtual di kanal YouTube Budaya Saya, Kamis (28/5/2020).

Perempuan kelahiran Jakarta, 27 Oktober 1968 ini memang aktif sebagai pelatih vokal untuk beberapa penyanyi populer di Indonesia. Sebut saja, Titi DJ, Glen Fredly (piano), Agnes Monica, Group vokal B3, Bunga Citra Lestari, Nino Kayam “RAN”, Rendy Pandugo, Endah dari “EndahRhesa”, dan beberapa pemusik muda lainnya.

Dari pengalamannya sebagai seorang penampil dan pengajar, ia pun paham betul bagaimana cara menyita perhatian penonton saat berada di atas panggung. Salah satu rahasianya adalah dengan menjiwai lagu-lagu.

"Namanya bernyanyi dengan penjiwaan nada yang lambat itu memang sulit. Para penampil harus mahir mengontrol nada, kestabilan mik, sekaligus memahami pesan di lagu dengan penjiwaan yang baik. Menurut saya ini butuh suatu tingkat pemahaman yang tinggi,” tuturnya.

Ia pun berpesan, menjadi penampil profesional tidaklah mudah. Jadi, seseorang harus memiliki kemauan dan kemampuan untuk terus belajar setiap hari, agar bakat yang dimiliki semakin terasah.



Sumber: BeritaSatu.com