Cinema XXI Bersiap Hadapi Normal Baru

Cinema XXI Bersiap Hadapi Normal Baru
Ilustrasi bioskop. (Foto: variety)
Indah Handayani / CAH Rabu, 3 Juni 2020 | 15:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Era normal baru di tengah pandemi Covid-19 telah dimulai. Para pelaku bisnis di Indonesia pun mulai bersiap menghadapi era tersebut, tak terkecuali pebisnis bioskop di Indonesia. Salah satunya Cinema XXI.

Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI mengatakan hingga saat ini, pihaknya masih menonaktifkan kegiatan operasional sementara waktu. Pihaknya mendukung upaya pemerintah pusat dan daerah untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi guna mendukung kesembuhan bangsa.

“Oleh karenanya, kami tetap mengikuti arahan Pemerintah dan belum kembali beroperasi,” ungkapnya kepada Beritasatu.com, Rabu (6/3/2020). 

Baca JugaCinema XXI Tetap Bersihkan 218 Bioskop

Menurut Dewinta, pihaknya aktif berkomunikasi dan melakukan koordinasi dengan pusat dalam hal ini Gugus Tugas Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif perihal kapan akan dapat aktif kembali. Sehingga, saat waktunya tiba, selain siap untuk menyambut kembali para pengunjung setia, pihaknya juga siap untuk menerapkan Kenormalan Baru (New Normal) yang telah disesuaikan dengan kondisi yang ada, termasuk melakukan kegiatan operasional sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan/diinstruksikan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Dewinta menambahkan sejumlah protokol kenormalan baru yang akan diterapkan di lingkungan bioskop di antaranya adalah, baik petugas bioskop dan pengunjung wajib menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh untuk pengunjung dan petugas bioskop, serta penerapan physical distancing (minimal 1 meter) di seluruh lingkungan bioskop termasuk di dalam studio.

Baca Juga: Hadirnya Bioskop Mobil Mampu Menarik Wisatawan Mancanegara

“Kami menempatkan kebersihan sebagai salah satu variabel penting. Untuk itu, kami memiliki standar operasional prosedur yang ketat dalam memastikan kebersihan seluruh jaringan bioskop, yaitu di 218 lokasi bioskop di 52 kota di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Mengantisipasi risiko penyebaran virus Covid-19, Dewinta menegaskan pihaknya mulai akhir bulan Januari 2020 telah meningkatkan standar kebersihan di seluruh lingkungan bioskop dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara regular di lingkungan bioskop. Cairan disinfektan yang digunakan merupakan disinfektan yang digunakan oleh maskapai penerbangan internasional dalam meminimalisir resiko penyebaran virus corona. Cairan ini dapat membunuh kuman, bakteri, serta virus namun aman bagi manusia karena sudah tersertifikasi secara internasional.

“Selain kelengkapan kebersihan sesuai standar berupa sabun cuci tangan pada wastafel toilet bioskop, kami juga melengkapi seluruh lokasi bioskop kami dengan hand sanitizer,” ujar Dewinta.

Tidak hanya itu, Dewinta menegaskan saat berhenti melakukan kegiatan operasional, pihaknya tetap rutin melakukan kegiatan pemeliharaan dan pembersihan di seluruh lingkungan bioskop setiap hari. Perawatan bioskop dikerjakan oleh satuan tugas khusus yang dibentuk sejak saat bioskop berhenti beroperasi sementara waktu. Sejumlah prosedur pembersihan diantaranya meliputi general cleaning dan penyemprotan cairan disinfektan anti-virus di seluruh lingkungan bioskop, pemeliharaan peralatan bioskop dan kebersihan kursi bioskop, serta senantiasa menjaga tingkat kelembapan ruangan untuk menghindari munculnya jamur.

"Komitmen ini konsisten dilakukan secara rutin guna tetap menghadirkan sarana hiburan bioskop yang bersih, nyaman, aman dan berkualitas prima kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami berdoa dan berharap agar kondisi ini dapat membaik sehingga kondisi perekonomian dapat pulih kembali,” tutupnya. 



Sumber: BeritaSatu.com