Logo BeritaSatu

Teater Daring, Upaya Pekerja Seni Bertahan Selama Pandemi

Senin, 8 Juni 2020 | 22:18 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Badai pandemi Covid-19 belum juga mereda. Demi menekan penyebaran virus tersebut, seluruh aktivitas kesenian termasuk pertunjukan di panggung teater harus dihentikan. Alhasil pekerja seni teater harus mengencangkan ikat pinggang, dan mencari jalan alternatif agar bisa bertahan. Satu di antaranya adalah mengakrabkan diri dengan pentas teater dalam jaringan (daring).

Sementara agar bisa terus bernapas, para pelaku seni dan teater kini harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan jagat maya. Faktanya, pandemi Covid-19 memunculkan ragam pertunjukan teater daring yang di masa sebelum wabah tak banyak dipikirkan.

Sebuah tontonan dengan menayangkan dokumentasi lengkap melalui situs video streaming dipilih pihak Titimangsa Foundation. Bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation, beberapa pertunjukan teater Titimangsa seperti Bunga Penutup Abad, Perempuan-Perempuan Chairil, dan Nyanyian Sunyi Revolusi pun diputar kembali untuk umum.

"Jadi sekarang semua bertahan dengan kreativitas masing-masing, dan mulai beradaptasi dengan situasi. Semisal nanti buat pertunjukan, mungkin kita buat dalam ruang lingkup yang terbatas, tetapi tidak ada penonton di kala syuting dan ditampilkan lewat live streaming. Itu bisa jadi salah satu pilihan alternatif dan tetap bisa melibatkan beberapa kru meski tidak banyak,” jelas pendiri Titimangsa Foundation, Happy Salma kepada Beritasatu.com, Senin (8/6/2020).

Pun demikian, Happy mengatakan bahwa media digital hanyalah jalan alternatif, karena pada hakikatnya pertunjukan teater akan terasa lebih hidup bila ditonton secara langsung. Namun, untuk menanti masa krisis ini berakhir, jalan alternatif harus dicari demi bisa mempertahankan diri.

"Selama ini kita mungkin berpikir hal materi. Sekarang, kita diberi jeda untuk berpikir, dan bermeditasi. Ini adalah kesempatan emas dan pengalaman batin yang tidak bisa didapat oleh generasi baru nanti. Jadikan kesempatan ini untuk saling membantu dan mengulurkan tangan, bukan bantu basa basi,” terangnya.

Di tempat terpisah, sutradara Teater Koma, Rangga Riantiarno, kepada Beritasatu.com mengatakan, di masa ini para pekerja kreatif yang penghidupannya hanya bergantung kepada seni pertunjukan praktis memang tidak mengantongi penghasilan sama sekali.

Menurutnya, kenyataan getir ini pun harus diterima dengan lapang. Meski dalam hati ia merasa sangat khawatir, apabila nantinya dunia seni Indonesia akan kehilangan banyak pelaku dan pekerja seni pertunjukan.

"Kenyataan yang harus diterima adalah bahwa kesenian bukanlah bidang yang diprioritaskan, terlebih lagi dalam masa seperti ini. Jadi bagi saya persoalan para pelaku seni pertunjukan dengan kondisi saat ini adalah mencari nafkah, entah dari beragam pertunjukan apa pun bentuknya atau sumber lain agar bisa sekadar bertahan hidup,” terangnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 56 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings