Logo BeritaSatu

Pertunjukan Sampek Engtay Ditunda hingga Agustus 2020

Senin, 8 Juni 2020 | 22:29 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Dampak pandemi Covid-19, Teater Koma dengan berat hati memutuskan mengubah tanggal pertunjukan Sampek Engtay. Pergelaran tahunan itu seharusnya digelar pada 28-29 Maret 2020, dan resmi diundur sampai 15-16 Agustus 2020. Langkah ini diambil untuk mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 dan demi keamanan seluruh pihak.

Sedangkan untuk new normal, sutradara Teater Koma, Rangga Riantiarno, kepada Beritasatu.com, Senin (8/6/2020) mengatakan dunia teater juga harus memiliki siasat untuk beradaptasi dan melewati beberapa tantangan. Mengingat, pentas yang mengacu pada standar social distancing juga bukan sesuatu yang mudah, seperti membalik telapak tangan.

Terlebih jika kalau pertunjukannya memang sudah dirancang begitu lama dengan adanya kontak fisik, baik antar pemain atau dengan penonton. Untuk itulah, sutradara pertunjukan dan para pemain harus berpikir keras untuk modifikasi adegan, karena mengubah adegan bisa mengubah alur dramatik lakon.

Tidak hanya dari sisi pementasan di atas panggung. Para pelaku teater juga harus memiliki standar kesehatan/keselamatan yang harus diterapkan untuk para penonton nantinya.

Dalam kesempatan lain, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Hilmar Farid menyebutkan teater merupakan pertunjukan seni yang paling sulit dihidupkan di tengah pandemi virus Covid-19. Berbagai upaya harus dilakukan agar para seniman teater bisa beradaptasi dengan keadaan.

"Teater ini enggak pernah gampang. Selalu sulit, apalagi kondisi seperti ini. Dia tidak juga pernah bergantung pada internet. Jadi kita harus terus berinovasi mencari jalan keluarnya,” kata Hilmar.

Kemdikbud mengaku terus berusaha mencari organisasi yang mampu memanfaatkan teater untuk berkolaborasi. Hal ini dilakukan agar investasi pada seni teater terus berjalan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Alasan Golkar Jadi Partai Paling Populer di Pemilih Muda

Sosok Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan sejumlah program kaum muda membuat Partai Golkar meraih popularitas tertinggi di kalangan pemilih muda.

NEWS | 27 September 2022

Topan Super Noru Menuju Vietnam, 200.000 Warga Berlidung di Penampungan

Lebih dari 200.000 orang di Vietnam berlindung di tempat penampungan Selasa (27/9/2022), ketika Topan Super Noru meluncur menuju pantai tengahnya

NEWS | 27 September 2022

Kemenkes Minta Masyarakat Batasi Konsumsi Gula Berlebih

Kemenkes meminta masyarakat mewaspadai konsumsi gula apalagi sampai berlebih, karena berisiko tinggi menyebabkan masalah kesehatan 

NEWS | 27 September 2022

Kasus Minyak Goreng, Terdakwa Bantah Beri Uang untuk Pengaruhi Kemendag

Terdakwa kasus minyak goreng Master Parulian Tumanggor membantah memberikan uang agar PT Wilmar Nabati Group mendapatkan perizinan dari Kemendag.

NEWS | 27 September 2022

Menpora Yakin PBSI Bisa Atasi Kisruh Antara Kevin dengan Herry IP

Menpora yakin PBSI dapat mengatasi kisruh antara pemain ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan pelatihnya Herry Iman Pierngadi.

NEWS | 27 September 2022

P2G Desak Pemerintah Beri Afirmasi kepada 1,6 Juta Guru

P2G mendesak Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim memberikan afirmasi kepada 1,6 juta guru yang belum mendapat tunjangan profesi guru.

NEWS | 27 September 2022

Ternyata, Ini Isi Koper Mencurigakan di Depan Polda Metro Jaya

Polisi memastikan koper mencurigakan di kawasan depan Polda Metro Jaya bukan berisi benda berbahaya. Ternyata, koper itu milik anggota polisi berisi pakaian.

NEWS | 27 September 2022

Anies Capres, Ini Cawapres dari PKS, Demokrat, dan Nasdem

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal diusung sebagai capres di Pilpres 2024 oleh koalisi Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS

NEWS | 27 September 2022

Kasus Suap, Hakim Itong Isnaeni Dituntut 7 Tahun Penjara

Jaksa KPK menuntut Hakim Itong Isnaeni Hidayat, hakim nonaktif PN Surabaya dihukum 7 tahun penjara atas perkara dugaan suap penanganan perkara.. 

NEWS | 27 September 2022

Mantan Panglima OPM Minta Lukas Enembe Penuhi Pemeriksaan KPK

Mantan Panglima OPM Lambert Pekikir menyorot mangkirnya Gubernur Papua Lukas Enembe dari pemeriksaan KPK.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nusantics Hadirkan Biome Beauty untuk Kulit yang Lebih Sehat

Nusantics Hadirkan Biome Beauty untuk Kulit yang Lebih Sehat

LIFESTYLE | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings